SDN RA. Kartini Sarat Prestasi dan Program Unggulan, Menuju Sekolah Adiwiyata Provinsi

SDN RA. Kartini
0 Komentar

SUBANG– SDN RA. Kartini Subang merupakan salah satu sekolah di Subang yang memiliki banyak prestasi dan program unggulan. Inilah yang menjadikan kebanggaan bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini.

SDN RA. Kartini Subang berdiri pada tahun 1983. Beralamat di Jl. Raden Ajeng Kartini No. 159 Pasirkareumbi, Kecamatan Subang dengan luas 4.719 meter persegi. Sekolah ini sudah terakreditasi A. Saat ini memiliki 213 siswa dengan 12 pendidik dan tenaga pendidik.

Sekolah ini memiliki visi yakni terwujudnya siswa yang bertaqwa, berbudi pekerti, berprestasi, bersih, rapi serta berwawasan lingkungan. Untuk mencapai visi tersebut, ada beberapa misi yang dilakukan.

Baca Juga:Angka Kemiskinan Capai 9,6 Persen, Dinsos: 3.200 Warga sudah Graduasi MandiriParjurit Yonarmed 9/Pasopati Dibekali Safety Riding

Pertama, menanamkan keyakinan ajaran agama yang dianutnya. Kedua, motto sekolah SDN RA. Kartini “BERHIAS” (Bersih, Hijau, Asri, Sehat). Kedua, meningkatkan disiplin dalam segala hal bagi warga sekolah.

Lalu keempat, melaksanakan pembelajaran dan bimbingan untuk mengembangkan potensi anak didik. Kelima, meningkatkan motivasi berprestasi bagi warga sekolah. Keenam, menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah, lingkungan dan peserta kelompok yang terkait di dalamnya.

Ketujuh, melaksanakan manajemen partisipatip bagi warga sekolah dan kelompok yang terkait di dalamnya. Kedelapan meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di dalam lingkungan sekolah setiap hari.

Kini SDN RA. Kartini sebagai salah satu sekolah Adiwiyata yang memiliki kurikulum berwawasan lingkungan. Sekolah ini mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup di dalam kurikulum sekolah (KTSP) dan pembelajaran, serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pendidikan lingkungan hidup.

Berangkat dari sana, SDN RA. Kartini memiliki kegiatan berwawasan lingkungan seperti menata kebun sekolah dengan siswa, kerja bakti besama wali siswa, penanam bibit pohon di lingkungan sekolah, pembuatan Biofori, pembuatan embung dan sumur serapan untuk tampungan air hujan, dan pembuatan green house untuk pembibitan tanaman.

Sekolah ini memiliki beberapa fasilitas seperti, perpustakaan, lapangan yang luas, green house, kebun sekolah, dan lain sebagainya.

Selain itu, SDN RA. Kartini juga telah menjulang beberapa prestasi. Beberapa di antaranya lomba pencak silat peringkat satu tingkat kabupaten, lomba bulu tangkis peringkat satu tingkat kabupaten, serta meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten.

0 Komentar