Didukung DLH Polri Tanam Pohon, Tanggulangi Polusi Udara

Didukung DLH Polri Tanam Pohon, Tanggulangi Polusi Udara
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Upaya penanaman pohon yang digalakkan oleh Kepolisian Republik Indonesia mendapat sorotan positif dan apresiasi dari berbagai pihak.

Program ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’ yang diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mendapatkan dukungan luar biasa sebagai wujud konkret dari perhatian Polri terhadap lingkungan.

Polres Subang sudah melaksanakan aksi penanaman pohon di berbagai titik, salah satunya di Kampung Cijolang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater.

Baca Juga:Final Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia vs Vietnam: Penentuan Tim Paling Sukses Sepanjang SejarahBudiman Sudjatmiko Resmi Dicopot dari PDIP, Namum Mengaku akan Lanjutkan Perjalanan Politiknya

Lebih dari 3.000 pohon beragam jenis telah ditanam di 21 Polsek di bawah naungan Polres Subang.

Pohon-pohon seperti ganitri, hantap, kayu putih, albasiah, akasia, mahoni, kayu kibadak, alpukat, bungur, dan trambesi telah menghijaukan wilayah tersebut.

Hari Rubiyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, menegaskan bahwa inisiatif penanaman pohon oleh Polri adalah tindakan nyata dalam mencintai alam.

“Menghijaukan melalui penanaman pohon adalah bentuk konkret cinta kita pada bumi. Setiap pohon yang tumbuh akan menyediakan oksigen, menampung cadangan air hujan, mendukung kelangsungan hidup flora dan fauna, serta memperbaiki ekosistem. Ini juga akan mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir dan erosi, serta menurunkan tingkat pencemaran udara, sekaligus menjaga suhu udara tetap sejuk,” ujar Hari.

Hari menambahkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup berharap langkah ini akan memberikan contoh bagi seluruh masyarakat untuk semakin mengasihi bumi tempat manusia tinggal, dengan cara menanam pohon.

Berdasarkan data BMKG per tanggal 22 Agustus 2023, wilayah Jawa Barat, termasuk Bandung, Bekasi, Bogor, Cianjur, Karawang, Purwakarta, dan Subang, mengalami penurunan kualitas udara yang tidak menggembirakan.

Situasi ini semakin memberikan urgensi terhadap upaya-upaya seperti penanaman pohon untuk meningkatkan kualitas udara.

0 Komentar