Final Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia vs Vietnam: Penentuan Tim Paling Sukses Sepanjang Sejarah

Hasil Drawing Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia Masuk Grup yang Sama dengan MalaysiaHasil Drawing Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia Masuk Grup yang Sama dengan Malaysia
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pertandingan penentuan antara Indonesia dan Vietnam dalam final Piala AFF U-23 2023 akan digelar di Stadion Rayong, Thailand, pada Sabtu (26/8).

Duel ini akan menentukan tim yang akan menjadi yang tersukses dalam sejarah Piala AFF U-23.

Pada babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih tiket ke final setelah mengalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1.

Baca Juga:Budiman Sudjatmiko Resmi Dicopot dari PDIP, Namum Mengaku akan Lanjutkan Perjalanan PolitiknyaPameran dan Kontes Bonsai Tingkat Nasional di Subang Sedot Perhatian Masyarakat, Ada Bonsai Seharga Pajero

Sementara itu, Vietnam berhasil melaju ke laga puncak dengan kemenangan meyakinkan 4-1 atas Malaysia.

Menariknya, ini merupakan pertemuan pertama antara Indonesia dan Vietnam di final Piala AFF U-23.

Keduanya sebelumnya pernah sekali-sama mencapai babak final.

Sejak Piala AFF U-23 dimulai pada tahun 2005, baru tiga tim yang berhasil meraih gelar juara, yaitu Thailand pada tahun 2005, Indonesia pada tahun 2019, dan Vietnam pada tahun 2022.

Oleh karena itu, tim yang memenangkan final ini antara Indonesia dan Vietnam akan menjadi tim yang paling sukses dalam sejarah turnamen Piala AFF U-23.

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih gelar juara pada edisi 2019 dengan mengalahkan Thailand 2-1.

Saat itu, tim masih dibesut oleh pelatih Indra Sjafri. Sementara pada edisi 2022, Vietnam keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan Thailand 1-0 di final.

Perlu dicatat bahwa pada Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, Indonesia yang saat itu merupakan juara bertahan, memutuskan untuk tidak berpartisipasi karena dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga:Kabar Gembira untuk Pelanggan Perumda Tirta Rangga Subang, Ada Grak Jalan Hadiah MotorGebyar Desa Semarak di Cirebon: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Resmikan Ketahanan Pangan Digital Desa

Bagi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong, ini merupakan final kedua yang dijalaninya bersama Indonesia.

Sebelumnya, ia telah membawa Timnas Indonesia senior ke final Piala AFF 2020 sebelum akhirnya dikalahkan oleh Thailand.

Menjelang pertandingan melawan Vietnam dalam final Piala AFF U-23 2023, Shin Tae Yong menyatakan bahwa tim Indonesia siap menghadapi tantangan ini.

Keyakinan ini muncul setelah kemenangan atas Thailand, yang membuat tim Garuda Muda merasa percaya diri menghadapi pertandingan puncak ini.

“Keempat tim yang berhasil masuk semifinal sangat tangguh. Secara pribadi, saya yakin pertandingan final melawan Vietnam akan menjadi pertandingan yang hebat. Kemenangan ini juga meningkatkan kepercayaan diri para pemain,” ujar Shin Tae Yong.

0 Komentar