Sambut Kawasan Industri Baru, BLK Siapkan Tenaga Kerja Kompeten

Kawasan Industri
0 Komentar

SUBANG-Kawasan Industri Subang dinilai sangat prospektif. Terlebih kawasan industri yang akan dibangun termasuk proyek strategis nasional. Hal tersebut tentunya memberikan angin segar dan harapan baru di sektor ketenagakerjaan, yaitu dapat mengurangi angka pengangguran.

Menyambut kawasan industri di Subang, UPTD BLK Kabupaten Subang menyiapkan tenaga kerja yang kompeten melalui program dan jurusan dalam pelatihan kerjanya.

“Tiap tahunnya, kami selalu menggelar pelatihan kerja. Hal ini, guna menyiapkan tenaga kerja yang kompeten termasuk wirausaha yang memiliki skill,” ujar Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Subang, Ucu Kuswandi ST.

Baca Juga:Wisata Air Unit Usaha Unggulan Desa Pasanggrahan, Salah Satu Wisata Yang Wajib Dikunjungi di SubangDua Desa di Kecamatan Pamanukan Siap Laksanakan Pilkades Serentak

Dibangunnya kawasan industri yang ada di Kabupaten Subang, maka peluang masyarakat Subang untuk bisa bekerja akan tinggi sehingga bisa menekan angka penganguran. Tercatat ada 107 Industri saat ini, dan akan bertambah sering dengan kawasan yang akan menopang keberadaan industri tersebut, mulai dari RNI, Surya Cipta dan lainnya.

“Kami terus mencetak tenaga kerja yang berkualitas, dengan program pelatihan kerja, mulai dari jurusan elektronik, AC, menjahit, otomotif,Pengolahan hasil makanan dan minuman, pengelasan hingga YouTuber,” ungkapnya.

Ucu mengatakan, inovasi yang dilakukan dalam penyiapan calon tenaga kerja yang kompeten, ialah melakukan pengembangan program pelatihan yang di sesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja, peningkatan SDM melalui dklat-diklat yang diselenggarakan oleh Kemenaker RI.

Ia mengaku dari segi pembiayaan program tersebut pihaknya melakukan kordinasi dengan Kementrian Ketenagakerjaan untuk terus memberikan anggaran pelatihan yang bersumber dari APBN.

Sementara itu Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Subang, Yusep Saepuloh mengatakan, banyak investor yang melirik Subang dengan potensinya.

Termasuk kawasan-kawasan industri yang akan meramaikan dunia perindustrian di Kabupaten Subang.

“Mengenai kawasan ,tentunya akan ada banyak industri di sana,nah saat ini banyak investor yang melirik lahan untuk industri contohnya RNI dan Surya Cipta,” tandasnya.(ygo/ery)

0 Komentar