Makmurkan Masjid Lewat Pojok Literasi Digital, Program Pengabdian Universitas Subang

Pojok Literasi Digital
0 Komentar

SUBANG-Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Subang bermitra dengan DKM Miftahul Huda di Kelurahan Pasirkareumbi. Pengabdian ini berupa Pemberdayaan Masyarakat dalam Membangun Pojok Literasi Digital untuk Mendukung Gerakan Literasi Nasional.

Ketua Tim PkM Universitas Subang, Dr Nita Delima SSi MPd mengatakan, sasaran dari program ini yakni jamaah masjid Miftahul Huda. Program ini dibiayai oleh Dirjen Dikti Kemdikbudristek, untuk meningkatkan literasi digital masyarakat melalui pembangunan pojok literasi digital (polidigi).

“Sebelum pembangunan polidigi, masyarakat (jamaah, red) diberi keterampilan dalam memanfaatkan internet dengan baik dan optimal untuk mencari sumber referensi, serta keterampilan dalam membuat desain grafis dan konten kreasi melalui canva,” ungkap Dr Nita Delima kepada Pasundan Ekspres, Selasa (5/9).

Baca Juga:HUT Ke-75 Polwan, Kapolres: Berikan Pelayanan Terbaik bagi MasyarakatE-Qien Competition Bina Potensi Petenis Meja, Dukung Pembinaan Atlet Olahraga

Dr Nita mengatakan, pemilihan sasaran program dari jemaah Masjid Miftahul Huda berdasarkan pada permasalahan yang timbul dari jamaah. Bahwa di era digital ini, jamaah perlu ada penguatan dalam memahami teknologi digital agar aman.

“Selain itu, untuk memakmurkan masjid dan regenerasi pengurus masjid, maka perlu ada upaya untuk melibatkan remaja dalam kegiatan masjid. Maka dari itu dibentuklah pojok literasi digital di masjid,” katanya.
Tim PkM Universitas Subang telah melakukan serah terima barang pendukung untuk polidigi ini pada Minggu 3 September 2023. Barang yang diserahkan berupa meja, kursi komputer, komputer fullest, rak buku dan buku bacaan kurleb 100 judul.

“Kami melakukan pendampingan untuk program ini dari tanggal 2-9 September 2023,” ungakpnya.

Tak berhenti sampai di sana, program ini akan ditindaklanjuti berupa penyusunan kurikulum pelatihan desain grafis untuk remaja masjid untuk optimalisasi polidigi.(ysp)

0 Komentar