Kejernihan Air Cipondok Jadi Daya Tari Wisatawan

Air Cipondok
0 Komentar

SUBANG-Sumber mata air Cipondok menjadi daya tarik tersendiri wisatawan untuk rekrasi. Lokasinya di belakang pabrik Aqua tepatnya Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang.

“Keunggulan dari sumber mata air Cipondok yaitu airnya sangat jernih dan menyegarkan juga selalu mengalir meskipun di musim kemarau,” ungkap pengelola wisata mata air Cipondok, Sarwa.

Air yang jernih dan menyegarkan menjadi alasan wisatawan untuk mengunjungi sumber mata air Cipondok. Untuk dapat sampai ke lokasi, wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Namun bagi wisatawan yang membawa mobil bisa parkir di atas sebelum jalan setapak.

Baca Juga:Dana Kewilayahan Capai Rp99,8 Miliar, Dinas PUPR Paling BesarMenikmati Pesona Wisata Curug ciwideng di Subang

“Berdasarkan dari orang tua kita dulu, disebut Cipondok dikarenakan sungainya yang pendek jadi disebutlah cai pondok,” katanya.

Menurutnya, sumber mata air Cipondok dibuka setelah adanya pabrik Aqua kurang lebih pada tahun 1996. Sebelum dibuka menjadi objek wisata, sumber mata air Cipondok seringkali dipergunakan warga sekitar untuk sekedar mandi maupun bermain.

Seiring berjalannya waktu, Sumber mata air Cipondok sering dikunjungi warga sekitar maupun luar daerah. Sehingga warga setempat berinisiatif membukanya sebagai objek wisata dan saat ini wisata sumber air Cipondok menjadi salah satu mintra BUMdes Desa Pasanggrahan.

Untuk harga tiket masuk per satu orang hanya dikenakan tarif Rp8.000 saja belum termasuk parkir. Di dalamnya terdapat fasilitas toilet, moshola, lesehan dan kantin.

Sarwa berharap sumber mata air Cipondok bisa lebih dikenal lagi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah dan dapat perbaikan dari segi fasilitas maupun aksen jalan menuju ke lokasi agar wisatawan nyaman.(acp/ysp)

0 Komentar