Geng Motor, Kapolres Purwakarta: Jangan Segan Beri Tindakan Tegas, Tangan Kosong hingga Tembakan Senjata Api

geng motor
0 Komentar

PURWAKARTA-Berandalan bermotor atau geng motor kembali berulah di Kabupaten Purwakarta hingga menyebabkan seorang pemuda luka berat dan harus dilarikan ke rumah sakit, belum lama ini.

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain pun merespons dengan menginstruksikan seluruh jajarannya memberantas geng motor yang kian meresahkan masyarakat dan tak segan melakukan tindak kriminal.

“Kami perintahkan seluruh anggota yang melaksanakan piket, baik di Polres maupun di Polsek jajaran untuk rutin berpatroli di jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan. Terutama penjambretan, curat, curas, curanmor dan juga geng motor,” kata Kapolres kepada wartawan, Rabu (13/9).

Baca Juga:Aroma Unik Iga Bakar Kaisar di Subang Menggugah SeleraPuluhan Ribu Pengendara Langgar Aturan Lalu Lintas di Subang, Polisi Ajak Masyarakat Tertib Berkendara

Pihaknya pun akan mengedepankan upaya preventif, namun bilamana tindakan berandalan bermotor menjurus anarkis maka akan dilakukan secara represif.

Kapolres juga meminta para anggotanya tidak segan untuk memberikan tindakan tegas bagi para pelaku kriminal dan orang yang melakukan perbuatan melanggar hukum. “Jangan segan-segan memberikan tindakan tegas bagi yang meresahkan masyarakat yang melawan perbuatan hukum,” ujarnya tegas.

Dijelaskan Kapolres, yang dimaksud tindakan tegas itu beragam. Mulai dari tindakan tangan kosong hingga tembakan senjata api jika dianggap membahayakan keselamatan. “Lebih tepatnya penggunaaan kekuatan dalam tindakan kepolisian sebagaimana diatur dalam Perkap Nomor 1 Tahun 2009,” ucapnya.

Jadi, kata Kapolres, tidak mesti tembakan, melainkan dimulai dari kendali tangan kosong. “Tembakan dilakukan manakala membahayakan keselamatan petugas atau masyarakat,” katanya.

Menurutnya, tindakan tegas dan terukur perlu dilakukan untuk membuat efek jera dan mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti geng motor. “Hal itu dianggap sebagai salah satu cara untuk memberikan syok terapi dan menutup ruang terjadinya aksi-aksi kejahatan di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, terciptanya keamanan dan kenyamanan masyarakat di Kabupaten Purwakarta merupakan prioritas Polres Purwakarta. Pihaknya pun saat ini fokus pada tindakan pencegahan dengan mengerahkan seluruh anggotanya untuk patroli ke seluruh wilayah hukum Polres Purwakarta.

“Patroli ini merupakan bentuk pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat memberikan. Rasa aman dan mencegah terjadi kejahatan saat masyarakat tengah beristirahat maupun beraktivitas,” ucapnya.(add/sep)

0 Komentar