Transformasi Pendidikan Tinggi dan Pembelajaran MBKM dalam Menghadapi Era Artificial Intelligence dan Society 5.0 di PKKBM Unsub

Transformasi Pendidikan Tinggi dan Pembelajaran MBKM dalam Menghadapi Era Artificial Intelligence dan Society 5.0 di PKKBM Unsub
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program yang wajib diikuti oleh Seluruh Mahasiswa Baru.

PKKBM adalah kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri.

Selain itu juga untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.

Baca Juga:Bank Bjb Subang Serahkan CSR Mebelair untuk 30 Sekolah DasarSoal Hary Tanoe Nyaleg Sekeluarga, Ketua DPP Bidang Politik Partai Perindo: Mereka Kompeten dan Memenuhi Syarat

PKKB juga berlangsung di Universitas Subang (Unsub), Wakil Rektor 1 Deddy Ash Shidiq menerangkan soal PKKBM di Unsub, dimulai dari kepanitiaan pelaksanaa PKKBM, yang menurutnya sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaran PKKBM yang diterbitkan Dikti.

Bahkan dia menyebut pada bagian Organisasi Kepanitian di pedoman tersebut, Mahasiswa tidak menjadi bagian dari kepanitian.

“Namun oleh kami tetap dimasukan, diikut-sertakan sebagai proses pembelajaran, dengan komposisi 40 persen mahasiswa dan 60 persen tendik, serta dosen,” ungkapnya, saat ditemui Pasundan Ekspres di kantornya Kamis 14 September 2023.

Kendati dalam setiap kegiatan tersebut menurut Deddy, selalu diwarnai dengan dinamika berbeda pendapat dan perdebatan. Baik antar panitia yang terdiri dari beberapa unsur seperti dosen, tendik, serta mahasiswa.

“Biasa dinamika setiap kegiatan juga selalu ada, sekarang masih berjalan, acaranya lancar, cuma tahun ini saya mengapresiasi mahasiswa yang punya unek-unek, berani bicara, berani mengkritik. Memang mahasiswa harus begitu,” tambahnya.

Selain itu, Deddy juga menjelaskan soal pembiayaan kegiatan, yang merupakan hasil kesepakatan dari setiap unit kepanitian, yang di dalamnya juga terdapat mahasiswa.

“Anggaran itu kan muncul dari setiap unit di kepanitiaan, dan disepakati. Itu juga dikelola oleh keuangan rektorat langsung, bukan oleh panitia,” tegasnya.

Baca Juga:Duduk Perkara Soal Tanah di Rempang Versi Mahfud MDMasuk 2024, Begini Rancangan Skema Penggajian ASN, Tunjangan Dihapus

Sementara itu, Ketua Panitia Asep Awaludin menerangkan bahwa PKKMB diadakan pada tanggal 12-13 September 2023 di tingkat Universitas, di Kampus 2 Universitas Subang (Jl. Arief Rahman Hakim / Kawasan Islamic Center Subang).

Selanjutnya, pada tanggal 14-16 September 2023, acara dilanjutkan di tingkat Fakultas masing-masing.

“Total peserta PKKMB ini berjumlah 814 orang, terdiri dari 449 mahasiswa kelas reguler, 288 mahasiswa kelas karyawan, 30 mahasiswa yang belum mengikuti PKKMB tahun sebelumnya, dan 47 mahasiswa pindahan,” katanya.

0 Komentar