Kelompok Tani Kelola Wisata Alam Kaliwungu, Sudah Dapat Izin dari KLHK

Wisata Alam Kaliwungu
0 Komentar

KARAWANG-Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat ternyata memiliki sejuta pesona wisata dan panorama alam yang menakjubkan dan tersembunyi. Selain wisata situs budaya, situs sejarah, bukit, laut hingga air terjun yang sangat memanjakan mata, Kabupaten Karawang ternyata memiliki objek wisata anyar bernama Wisata Alam Kaliwungu.

Wisata Alam Kaliwungu terletak di Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Uniknya, tempat wisata yang lokasinya tak jauh dari Karawang International Industrial City (KIIC) itu dikelola oleh gabungan kelompok tani yang ada di sekitar Telukjambe, bernama Perkumpulan Kelompok Tani Hutan (PKTH) Telukjambe Bersatu.

“Tempat wisata ini dikelola oleh kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) anggotanya dari KTH,” ujar Ketua PKTH Telukjambe Bersatu, Wardi.

Baca Juga:STAI Muttaqien Ajak Guru PAUD Mengenal LearningAppsGeisz Chalifa: Penjegalan Anies Itu Fakta, Formula E yang Dipermasalahkan

Menurut Wardi, pengelolaan Wisata Alam Kaliwungu ini sudah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, melalui SK Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) nomor 675.

“Dalam SK itu ada sebanyak 13 amar putusan. Untuk kaliwungu ada pada amar putusan nomor 4,” katanya.

Saat ini, kata Wardi, pihaknya bersama petani lain sedang melakukan beberapa penataan kawasan Wisata Kaliwungu. Salah satunya membangun area tempat parkir untuk para pengunjung.

“Pembangunan dan penataan yang kita lakukan sama sekali tidak merusak alam. Bahkan justru kita menambah penghijuan dengan menanam sebanyak 23 ribu pohon,” katanya.

Tak hanya melibatkan para petani, menurut Wardi, dengan hadirnya tempat Wisata Alam Kaliwungu juga ikut berkontribusi menyerap tenaga kerja lokal termasuk menyumbang penghasilan untuk negara.Sementara itu, Wisata Alam Kaliwungu Karawang ini sangat cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati keindahan kondisi hutan. Di dalam hutan, pengunjung dapat berjalan di antara pepohonan yang rindang dan menyegarkan serta menikmati berbagai pemandangan indah.

Tempatnya luas dan ada banyak ruang untuk mendirikan tenda untuk camping. Pengelola pun mendirikan perkemahan di area yang cukup teduh.

Yang tidak kalah penting, pengelola juga menyediakan arena bermain anak, dan bisa melihat hewan kelinci. Dengan segala keindahan alamnya, wisata alam Kaliwungu Karawang sudah selayaknya menjadi tujuan camping bagi para pecinta alam. Tempat ini dilengkapi dengan tenda dan fasilitas berkemah yang lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa perlengkapan sendiri.

0 Komentar