“6 Strategi Pemeliharaan Motor Kopling agar Tetap Awet & Nyaman Digunakan di Tahun 2023”

cara merawat motor kopling dengan baik
cara merawat motor kopling dengan baik
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESAda beragam jenis kendaraan yang kini dapat di pilih sebagai alat transportasi, dan di sini kita kan membahas tips cara memelihara motor koopling.

Selain mobil, sepeda motor adalah salah satu pilihan favorit masyarakat untuk mobilitas sehari-hari.

Lihat juga : “United TX3000: Motor Listrik Subsidi Termahal dengan Jarak Tempuh 120 Km”

Baca Juga:Trik Menghias Kamar Tidur Anda dengan Kreatif!Mengenali Uang Palsu: 7 Ciri-Ciri Penting yang Harus Anda Tahu

Oleh karena itu, jalan-jalan di perkotaan maupun pedesaan selalu ramai oleh pengguna sepeda motor.

Dengan popularitas sepeda motor, industri otomotif terus berinovasi dalam menciptakan jenis motor baru, bahkan di era modern seperti sekarang ini, tersedia berbagai pilihan motor.

Dan Salah satu jenis motor yang populer di kalangan masyarakat modern adalah motor kopling. Nama “kopling” mengacu pada komponen di motor ini yang dapat di operasikan oleh pengendara sesuai kebutuhan. Motor kopling biasanya memiliki tuas kopling di sisi kiri stang.

Penting untuk membahas perawatan motor kopling agar tetap nyaman dan performanya optimal. Oleh karena itu, kami akan merangkum beberapa tips untuk merawat motor kopling:

Tips cara merawat motor kopling

  1. Rutin Mengganti Oli Mesin motor koopling

Seperti merawat motor matic atau injeksi, penggantian oli mesin secara berkala adalah langkah penting dalam merawat motor kopling. Di sarankan untuk mengganti oli mesin setiap 2.000 kilometer pemakaian.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas komponen-komponen mesin, dan jika tidak di ganti secara rutin, motor dapat mengalami overheating.

  1. Cek Rutin Kampas Kopling

Selain mengganti oli mesin, penting juga untuk rutin memeriksa kondisi kampas kopling motor. Kampas kopling yang aus dapat menyebabkan masalah saat mengganti gigi.

Baca Juga:“5 Uang Kuno Termahal di Dunia: Kisah Kekayaan dari Lembaran Bersejarah”7 Tips Merawat Kucing Persia dengan Cinta dan Cermat

Lalu Anda dapat memeriksa kondisinya saat mengganti oli mesin atau merasakan perbedaan saat mengoperasikan kopling.

  1. Bersihkan Kabel Kopling

Membersihkan kabel kopling adalah langkah yang sering di abaikan. Namun, hal ini dapat membantu membuang kotoran yang membuat tarikan kopling terasa berat.

Membersihkan kabel dengan cairan pembersih atau campuran oli dan bensin juga dapat membantu.

  1. Jangan Malas Mengganti Gigi

Mengganti gigi transmisi dengan benar saat berkendara penting. Jika Anda tidak menurunkan gigi saat berhenti, kendaraan roda dua akan membutuhkan putaran mesin tinggi saat mulai melaju, yang dapat menyebabkan ausnya kampas kopling.

0 Komentar