DPRD Ingatkan Pemda Atasi Kekeringan di Subang, Politisi PDIP Juenah: Harus Responsif

Juenah
0 Komentar

SUBANG-Anggota DPRD Kabupaten Subang Dapil 5 Fraksi PDIP, Juenah meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Subang untuk mengantisipasi kondisi kemarau, yang terjadi di beberapa daerah di Subang khususnya wilayah Pantura.

Juenah menyebut, kondisi kekeringan di tengah musim kemarau ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah. Pemerintah harus responsif dalam mengatasi kekeringan di wilayah Pantura.

“Dinas terkait mesti turun ke daerah, lebih responsif dengan setiap keluhan masyarakat dan pemerintah bisa mencari solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:Festival Sisingaan Ajang Tarik Kunjungan ke Museum, Diikuti Oleh Siswa SD di SubangSatpoldam Belum Tertibkan Pedagang Jongko di Lahan PTPN VIII Subang, Sebut Tidak Ada Komplain

Menurutnya, pemerintah daerah harus bisa melakukan atau memenuhi kebutuhan masyarakat Pantura di musim kemarau ini. Apa lagi para petani di Pantura sangat terdampak akibat krisis air untuk lahan persawahannya.

“Untuk pengaturan air agar maksimal, para UPTD turun agar bisa membagi daerah-daerah dan mengklasifikasikannya. Semisal ada jalur merah, kuning hijau agar jangan sampai  gagal panen lebih luas,” kata Juenah.

Ia juga mengatakan, untuk kebutuhan rumah tangga warga, pemerintah bisa menyiapkan tangki air bersih keliling dan membagikannya kepada warga yang membutuhkan air tersebut.

Menurut Juenah, manusia tidak bisa melawan alam, tetapi paling tidak meminimalisir keresahan akibat kekeringan. Apalagi petani Pantura yang jelas terkena dampak lebih besar.

“Para stakeholder terkait harus lebih intensif komunikasi dengan pemerintah desa, kecamatan, kepemudaan dan DPRD agar bersama-sama ikut bahu membahu menanggulangi dampak kekeringan ini,” tuturnya.(cdp/ery)

0 Komentar