UPI Hubungkan Masa Depan dengan Kabel Fiber Optik, Lewat Workshop bagi Siswa SMK TKJ

Kabel Fiber Optik
0 Komentar

PURWAKARTA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta menjadi tuan rumah Workshop Penyambungan Kabel Fiber Optik yang diikuti oleh siswa-siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rabu (20/9).

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk membekali para siswa dengan keterampilan praktis dalam penyambungan kabel fiber optik menggunakan teknik mechanical splicer dan fusion splicer.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Direktur UPI Kampus Purwakarta, Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag., dan dipimpin oleh Ketua Program Studi Sistem Telekomunikasi, Galura Muhammad Suranegara, S.Pd., M.T.

Baca Juga:UMKM Untung Besar Selama WJF 2023, Transaksi Capai Rp1,75 Miliar, Belum Termasuk Pendapatan dari AsosiasiKunker Tim Panja Komisi IX DPR RI Awasi Keamanan dan Mutu Obat

Turut andil, Ketua Pelaksana Ahmad Fauzi, S.Si., M.T., yang juga memainkan peran penting dalam suksesnya workshop ini.

Sebanyak 27 siswa dari SMK Negeri (SMKN) Maniis Kabupaten Purwakarta berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Mereka hadir dengan semangat dan antusias untuk belajar tentang teknologi kabel fiber optik dalam dunia telekomunikasi modern.

“Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang penyambungan kabel fiber optik dengan dua metode utama, yaitu mechanical splicer menggunakan fast connector dan fusion splicer,” kata Ahmad Fauzi kepada wartawan, Kamis (21/9).

Dengan pemahaman yang mendalam tentang teknik-teknik ini, sambungnya, siswa-siswi TKJ diharapkan dapat meraih keterampilan praktis yang akan menjadi aset berharga dalam karir mereka di bidang telekomunikasi.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada 19 dan 20 September 2023, dimulai dari pukul 08.30 hingga selesai. Lokasi kegiatan berada di Laboratorium Transmisi Kampus UPI di Purwakarta, yang telah dilengkapi dengan peralatan canggih dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan workshop.

Para instruktur pendamping dalam kegiatan ini adalah beberapa mahasiswa semester 5 Program Studi Sistem Telekomunikasi, yang telah memiliki pengalaman praktis dalam penggunaan teknologi fiber optik.

“Kegiatan Workshop Penyambungan Kabel Fiber Optik ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa-siswi TKJ di Kabupaten Purwakarta,” ujar Ahmad Fauzi.

Baca Juga:Pj Bupati Bakal Rotasi Promosi Jabatan, Minta Izin Tertulis KemendagriWest Java Festival 2023 Karnaval “Serangga” dan Penghargaan WBTB, Ada Makna Filosofis di Pekan Kebudayaan Jabar

Dengan teknologi fiber optik yang semakin penting dalam sektor telekomunikasi, kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi untuk bersiap menghadapi masa depan yang semakin canggih.

Dijelaskannya, Kampus UPI di Purwakarta berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pengembangan keterampilan di komunitas lokal.

0 Komentar