Mahasiswa STKIP Miliki Kompetensi Guru Sesungguhnya, Lewat PLP, Kerja Sama dengan Disdik dan Kemenag

Mahasiswa STKIP
0 Komentar

PURWAKARTA-Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Purwakarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menggelar Program Latihan Profesi (PLP) bagi mahasiswa semester tujuh.

Ketua LPPM STKIP Purwakarta Rayi Siti Fitriani, M.Pd., mengatakan PLP wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester tujuh. Adapun tahun ini PLP diikuti oleh 53 mahasiswa yang terdiri atas 18 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kemudian, 21 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) dan 14 mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

Baca Juga:Kodim 0619/Purwakarta Libatkan Masyarakat Peringati HUT Ke-78 TNIDua Mantan Kepala Dinas Tersandung Kasus Korupsi, Diduga Salahgunakan Anggaran BTT

“Ke-53 mahasiswa ini disebar ke lima sekolah di wilayah Kecamatan Purwakarta Kota. Kelimanya adalah SDN 1 Nagri Kidul, SDN 2 Sindang Kasih, MAN Purwakarta, SMPN 3 Purwakarta, dan SMPN 7 Purwakarta,” kata Rayi kepada wartawan, belum lama ini (23/9).

Para mahasiswa ini, sambungnya, akan melaksanakan PLP selama dua bulan, yakni sejak 11 September hingga 11 November 2023 mendatang. Untuk prosesi pelepasan, sudah dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Purwakarta pada 11 September 2023 lalu.

“Selama PLP, mahasiswa akan mengaplikasikan seluruh teori yang didapatkannya dalam perkuliahan. Adapun sepekan sebelum penutupan akan dilakukan ujian dengan dua penilaian. Keduanya adalah rencana pelaksanaan pengajaran (RPP) dan bagaimana mereka mengajar,” ujar Rayi.

Rayi yang juga Dosen Tetap Prodi PGSD ini berharap melalui PLP ini mahasiswa semester tujuh bisa memiliki kompetensi guru yang sesungguhnya.

Senada disampaikan Ketua STKIP Purwakarta Dr. H. Agus Muharam, M.Pd. Disebutkannya, melalui kegiatan PLP ini ada kolaborasi antara STKIP dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta.

“Mahasiswa bisa mempraktikkan teori-teori yang didapatnya dalam perkuliahan sementara Disdik dan Kemenag sebagai lembaga yang menaungi SD/SMP dan Aliyah menyediakan tempat untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa,” ucapnya.

Dirinya mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kemenag yang begitu terbuka untuk sama-sama mengembangkan pendidikan di Purwakarta.

Baca Juga:Komitmen Tekan Angka Penurunan Stunting, Kolaborasi Komisi IX dan BKKBNSiap Menangkan Pasangan Anies-Cak Imin, Koalisi Partai Perubahan Bentuk Timgab

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Purwakarta Sadiyah, M.Pd., mengatakan PLP STKIP Purwakarta menjadi bagian dari dinamika proses pembelajaran dan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan.

“Terutama di Satuan Pendidikan tempat para mahasiswa mengimplememtasikan seluruh kemampuan dan pengalaman belajar di kampus ke dalam kontek aplikatif,” kata Sadiyah.

0 Komentar