Polsek Pabuaran Gencar Edukasi Siswa Bahaya Narkoba, Lakukan Pencegahan Sejak Dini

Polsek Pabuaran
0 Komentar

SUBANG-Polisi Sektor Pabuaran berupaya memberikan penyuluhan dan edukasi pada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Pabuaran.

Kapolsek Pabuaran AKP Edi Juhedi menyampaikan, penyuluhan tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan bahaya narkoba sejak dini. Nampak puluhan siswa antusias mengikuti penyuluhan tersebut.

“Bahaya narkoba bagi generasi muda salah satunya adalah dengan berubahnya sikap, tingkah dan kepribadian serta kedisiplinan. Pemuda yang sudah kecanduan narkoba akan lebih cepat mengantuk dan malas serta tidak memperdulikan kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga:Bank bjb Bantu Asupan Gizi MasyarakatProduksi Teh Putih Gegara Program Petani Milenial

Dampak narkoba secara fisik yaitu terjadinya gangguan pada sistem saraf, terjadinya gangguan pada jantung dan pembuluh darah, kemudian gangguan pada kulit.

“Tak hanya itu, dampak dari bahaya narkoba ini akan terjadi pula pada gangguan paru-paru, terjadinya sakit kepala, mual dan muntah, pengecilan hati dan susah tidur, serta terjadinya gangguan fungsi seksual,” jelasnya.

Adapun dampak narkoba secara psikis, lanjut Edi Juhedi, yakni cenderung lebih lambat dalam bekerja, ceroboh, tegang dan gelisah, lebih sering hilang kepercayaan diri, lebih susah dalam berkonsentrasi, serta cenderung menyakiti diri, dan merasa tidak aman hingga bunuh diri.

“Cara mencegah penggunaan Narkoba yaitu dengan mengenali diri lebih dalam, teguh dalam berpendirian, membaca dan memahami dampak buruk narkoba, Isi waktu luang dengan kegiatan positif,” terangnya.

Di samping itu, Edi juga berpesan kepada para siswa agar rajin belajar dan jangan sampai terpengaruh ajakan teman untuk melakukan perilaku yang menyimpang sebagi pelajar.(cdp/ysp)

0 Komentar