Bawaslu Subang Utamakan Pencegahan dan Penindakan

Bawaslu Subang
0 Komentar

SUBANG-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang memiliki peranan penting dalam mengawasi proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bawaslu Kabupaten Subang terus mensosialisasikan pengawasan tahapan pemilu agar pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

“Kesiapan Bawaslu Subang saat ini mengutamakan pencegahan dan penindakan. Peran Bawaslu sangat penting dalam mengawal proses pemilu nanti. Bawaslu juga harus bekerja secara profesional dan transaparan,” terang ketua Bawaslu Achmad Mansur kepada Pasundan Ekspres, Rabu (10/11).

Achamd menjelaskan, dalam tahapan pemilu Bawaslu Kabupaten Subang akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengawas kelurahan/desa (PKD) se-Kabupaten Subang.

Baca Juga:Ima Fauziah Siap “Ngebor” Jika Terpilih DPRD, Solusi Atasi Kekeringan di PanturaMinat Kuliah Lulusan SMAN 2 Subang Menurun

Menurutnya, nantinya PKD yang ada di desa-desa se-Kabupaten Subang dapat memahami dan mengetahui langkah yang harus dilakukan pada saat melakukan tugas.

“Selain itu, hal ini dilakukan demi mewujudkan Pemilu yang demokratis di wilayah Kabupaten Subang,” ucapnya.

Dia mengatakan, pentingnya wawasan dan pengetahuan PKD terkait regulasi dan proses pemilu merupakan instrumen yang dibutuhkan dalam mengawasi jalannya Pemilu.

Selain itu, menuju tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan kampanye, jajaran Pengawas Pemilu Kabupaten Subang menyiapkan diri untuk antisipasi potensi pelanggaran pemilu dan sengketa.

“Potensi pelanggaran pemilu yaitu kampanye di luar jadwal, dan ada juga potensi sengketa antara peserta Pemilu dengan penyelenggara pemilu pasca penetapan DCT,” ungkapnya.

Bawaslu berharap, dalam Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif serta tidak ada perkelahian antar calon dan antar pendukung.(cdp/ysp)

0 Komentar