Ima Fauziah Siap “Ngebor” Jika Terpilih DPRD, Solusi Atasi Kekeringan di Pantura

Ima Fauziah
0 Komentar

SUBANG-Calon legistlatif (Caleg) DPRD Kabupaten Subang dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil 5, Ima Fauziah meminta pemerintah dan pihak terkait mengatasi bencana kekeringan yang melanda Pantura Subang.
Ima mengatakan, pemerintah harus berperan aktif dalam menyiapkan strategi untuk mengurangi dampak buruk dari kekeringan. Pemerintah juga harus meninjau setiap daerah yang terdampak kekeringan.

“Ketersediaan air bersih juga harus menjadi perhatian pemerintah. Jangan sampai, air bersih mengalami kelangkaan sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih, untuk keperluan sehari hari-hari,” kata Ima.

Menurutnya, pemerintah juga harus mengadakan sosialisasi ke masyarakat tentang penggunaan air bersih secara hemat. Kemudian, menyiapkan tenaga medis dan fasilitas lengkap untuk mengantisipasi munculnya wabah penyakit di musim kemarau terutama untuk anak-anak.

Baca Juga:Minat Kuliah Lulusan SMAN 2 Subang MenurunTambah Pos Damkar dan Satu Unit Armada

Ima menegaskan, pemerintah juga harus hadir langsung dan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya di sektor pertanian. Bagaimana cara menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan ini.

“Setidaknya meminimalisir gagal panen yang dapat menimbulkan dampak signifikan bagi keberlangsungan ekonomi petani dan masyarakat yang terdampak dari kekeringan,” jelasnya.

Dampak dari kekeringan tersebut, lanjut Ima, merupakan ancaman yang serius bagi masyarakat. Selain itu, hal ini pun akan berdampak pada pasokan pangan, kenaikan harga bahan pangan dan pengurangan pendapatan terutama di sektor pertanian.

Menurutnya, hal tersebut tentunya disebabkan karena kurangnya sumber air bersih yang mengakibatkan gagal tanam, banyaknya hewan ternak yang mati, dan dapat pula menyebabkan kelaparan masal, akibat ladang pertanian yang tidak mendapatkan pasokan air dari irigasi.

Menanggapi kekeringan yang sedang terjadi saat ini, jika ia terpilih menjadi anggota dewan DRPD Kabupaten Subang ia akan membuat program khusus untuk menanggulangi kekeringan di wilayah Pantura.

“Saya berpikiran untuk menjadikan pembuatan sumur bor menjadi program ketika saya terpilih nanti. Sumur itu bertujuan untuk meminimalisir adanya kekurangan air bersih ketika terjadi kekeringan seperti sekarang,” tegasnya.(cdp/ery)

0 Komentar