POLSUB Berikan Alat Teknologi Tepat Guna, Tingkatkan Produksi dan Omzet Penjualan UMKM

POLSUB
0 Komentar

SUBANG-Permasalahan sebuah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) membuat Politeknik Negeri Subang (POLSUB) tergerak untuk membantu. Salah satunya adalah dengan memberikan sebuah alat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa pengering Sale Pisang serta sistem penjualan berbasis digital berupa Website kepada UMKM Rasa Alami di Kampung Cijengkol RT 03 RW 02 Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) tersebut merupakan program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Tahun 2023 POLSUB dengan UMKM Rasa Alami.

Menurut Susilawati selaku koordinator kegiatan menjelasakan, salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM Rasa Alami adalah kapasitas produksi yang masih rendah sehingga berdampak kepada omzet penjualan yang tidak meningkat.

Baca Juga:Almarhum Ucok Ujang Wardi Sosok Berdedikasi dan IdealisKebakaran TPA Cikolotok Lebih Besar dari Sebelumnya

“Kami harap dengan adanya TTG berupa alat pengering Sale Pisang yang diaplikasikan di UMKM Rasa Alami bisa meningkatkan kapasitas produksi,” jelas dosen Jurusan Teknik Mesin POLSUB tersebut.

Selain itu, permasalahan lainnya adalah sistem penjualan dan manajemen di UMKM Rasa Alami masih dilakukan secara manual, sehingga jaringan penjualannya terbatas, yaitu hanya pada daerah lokal saja.

“Tentu hal tersebut berdampak dalam mengontrol jumlah stok, adanya data-data penjualan sering salah, serta belum adanya pembuatan laporan penjualan secara komputerisasi,” tambah Susi.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, Susi dan timnya juga memfasilitasi UMKM Rasa Alami istem penjualan berbasis digital berupa website di laman https://rasaalami.com/.

“Kami berharap dengan adanya digitalisasi ini bisa membantu UMKM Rasa Alami membuat laporan-laporan untuk kepentingan manajemen penjulan, sehingga bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet penjualan,” harap Dwi Vernanda, salah satu anggota kegiatan.

UMKM Rasa Alami sendiri merupakan salah satu produsen yang menjual produk olahan berupa sale pisang, keripik pisang rasa jagung bakar, keripik pisang original, keripik talas, pangsit gulung rasa udang, molen mini, sistik rasa kencur, keripik bawang, dan keripik singkong.

“Rasanya juga enak, renyah, dan manisnya alami tanpa pemanis buatan, permintaan pasar akan produk unggulan sale pisang selalu banyak,” ujar Susi ketika memberikan TTG kepada UMKM Rasa Alami, Sabtu, 14 Oktober 2023

0 Komentar