Pj Bupati Siap Bantu Upaya Peningkatan Kompetensi Wartawan

Pj Bupati
0 Komentar

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan menyebutkan, pihaknya siap membantu upaya peningkatan kompetensi wartawan di Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut disampaikan Benni saat menerima silaturahmi Ketua dan Jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purwakarta Periode 2022-2025, di Gedung Negara, Pemkab Purwakarta, Rabu (18/10).

“Kami siap berkomitmen membantu upaya peningkatan kompetensi wartawan melalui program berkelanjutan yang sudah ada di program kerja PWI maupun Pemkab Purwakarta,” kata Benni.

Dimintai tanggapannya tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang pemilu, Benni mengaku sudah mewanti-wanti seluruh pegawainya untuk tidak genit di tahun politik.

Baca Juga:Apel Siaga Tandai Kesiapan Penyelenggara PemiluTim GSI Jabar Siap Unjuk Gigi, 11 Pemain dari Purwakarta

“ASN memiliki azas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Agar tetap menjaga azas netralitas sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sumpah dan janji,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, terdapat Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Netralitas ASN dalam Pemilu 2024. SKB ini ditandatangani Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, Mendagri Tito Karnavian, Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Ketua KASN Agus Pramusinto, serta Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Benni bahkan buka-bukaan jika ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta masih standar-standar saja dari segi inovasi. Konsekuensinya, Benni pun meminta mereka untuk fokus pada peningkatan kinerja.

Menyangkut peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), penanganan stunting, inovasi, peningkatan infrastruktur dan prioritas masalah lain, kata Benni, sudah terencana. “Saya serius akan hal itu, karena waktu saya di sini tidak banyak,” ucapnya.

Selanjutnya Benni terbuka mengenai rencana mutasi jabatan. Tapi hal itu diprioritaskan untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong. “Supaya cepat kinerja organisasi kita, maka jabatan-jabatan yang kosong itu harus segera diisi,” kata Benni.

Sementara itu, Ketua PWI Purwakarta Asep Yadi Sobana mengatakan, sebagai konstituen Dewan Pers, PWI memboyong tugas-tugas penting menyangkut ekosistem jurnalistik tanah air, baik dari tugas mikro hingga makro.

Salah satunya, menyangkut penerapan UU Pers, kode etik jurnalistik (KEJ), pedoman pemberitaan ramah anak (PPRW), peningkatan kualitas dan kapasitas insan pers melalui uji kompetensi wartawan (UKW) serta melakukan rekrutmen keanggotaan sebagai upaya regenerasi organisasi.

0 Komentar