Hari Santri, Pj Bupati: Jihad Tak Sebatas Pertempuran Fisik, Perjuangan secara Keseluruhan

Hari Santri
0 Komentar

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hari Santri Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Purwakarta, bertempat di Pasanggrahan Padjajaran Purwakarta, Ahad (22/10).

Dalam amanatnya, Pj Bupati menyebutkan, peringatan Hari Santri 2023 ini mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. “Tema ini memiliki makna yang mendalam yakni kata “Jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan. Yakni, mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri,” kata Pj Bupati.

Peringatan Hari Santri, sambungnya, bukanlah milik santri semata. Namun, kata dia, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. “Serta memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.
Hari Santri juga, lanjutnya, merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan diri dalam menjayakan negeri ini. “Diharapkan seluruh elemen dapat terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum,” ucapnya.

Baca Juga:Kampus 2 Unsika Bakal Punya Masjid Megah, Telan Anggaran Senilai Rp56 MMusim Kemarau Sebabkan Debit Air Situ Ciburuy Surut

Pj Bupati pun berharap, semoga peringatan Hari Santri 2023 ini dapat menjadi titik awal untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif. “Yakni, bagi negeri, agama, dan bangsa,” kata Pj Bupati.

Sementara itu, secara virtual, Presiden RI Joko Widodo mengajak semua masyarakat Indonesia untuk ikut serta merayakan Hari Santri. “Ini, sebagai bentuk semangat jihad dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut di teladani,” kata Presiden RI Joko Widodo.(add/sep)

0 Komentar