Kapolres Purwakarta: Bhabinkamtibmas Lebih Proaktif, Jaga Tahapan Pemilu 2024

Kapolres Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Memasuki tahapan pemilu, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain meminta seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk lebih proaktif menjaga tahapan Pemilu 2024 aman dan kondusif. “Bhabinkamtibmas harus menjadi garda depan dalam pengamanan Pemilu 2024 mulai dari persiapan dan memasuki tahapannya, memastikan kesiapsiagaan menjaga wilayah binaan masing-masing,” Ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, Selasa (14/11).

Sejauh ini, Polres Purwakarta memiliki 180 Bhabinkamtibmas yang akan menjadi penjaga di masing-masing desa. Kapolres menekankan kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk selalu menampilkan profil yang humanis, komunikatif, dan solutif, namun tetap selalu siap siaga dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat di desa binaan.

Menurut Edwar, anggota Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam pembinaan, pengayoman, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah binaannya. “Maka dari itu, anggota Bhabinkamtibmas harus meningkatkan profesionalisme dengan terus menambah pengetahuan dan pembelajaran tugas pokok dan fungsi Kepolisian, serta keberadaan Bhabinkamtibmas wajib menjadi manfaat serta dapat menjadi solusi permasalahan di bidang sosial kamtibmas di tengah tengah warga masyarakat,” tutur Edwar.

Baca Juga:STKIP Purwakarta Luluskan 45 Orang, Agnes Damora Siburian Jadi Lulusan TerbaikHeru Kukuh Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Meski Dipecat dari Ketua DPD PAN

Lebih jauh ditambahkan Kapolres, seluruh anggota Bhabinkamtibmas wajib menjaga nama baik dan marwah institusi. Serta melaksanakan tugas sesuai aturan serta selalu membuka komunikasi hangat bersama dengan masyarakat. “Berikan solusi dengan berdasarkan rasa keadilan dalam setiap penyelesaian permasalahan, serta dalam penanganan tindak pidana ringan yang dapat diselesaikan dengan kesepakatan bersama (Restorative Justice) yang sejalan dengan kearifan lokal melalui musyawarah dan mufakat,” harap Edwar.

Di samping itu, Kata Dia, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun persepsi di masyarakat, dan menciptakan zero conflict social. “Kedepankan menyampaikan pesan-pesan komunikasi persuasif, humoris, informatif dan edukatif,” Pesan AKBP Edwar Zulkarnain.(mas/sep)

0 Komentar