Kodim Latih dan Bina Pemuda Calon Anggota TNI

PURWAKARTA-Komando Distrik Militer (Kodim) 0619/Purwakarta, Jawa Barat memberikan pelatihan dan pembinaan fisik kepada para pemuda yang berminat menjadi anggota TNI.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu bertempat di Makodim 0619/Purwakarta dan area Objek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga.

Ia menyampaikan kegiatan pembinaan ini merupakan hal yang penting dilakukan untuk memberikan kesiapan fisik maupun mental dalam menghadapi berbagai macam tes menjadi calon prajurit TNI. “Latihan ini penting dilakukan untuk kesiapan mereka ke depan menghadapi berbagai rangkaian tes seleksi. Dengan mengikuti latihan minimal mereka mengetahui materi yang diujikan saat seleksi dan juga tahu standar berapa target yang harus dipenuhi setiap tahap,” kata Pria yang akrab disapa Andi itu.

Menurut dia materi pelatihan yang diberikan meliputi ketahanan seperti pull up, sit up, push up, dan lari bolak balik atau shuttle run.

Andi menjelaskan, sebelum mengikuti pelatihan mereka juga menerima penjelasan tata cara gerakan yang benar. Dengan pemberian materi dasar terkait daya tahan tubuh ini, harapannya agar para calon prajurit TNI terbiasa melakukan gerakan dengan benar. “Tidak hanya memberikan pembinaan fisik, kami juga melakukan pemeriksaan administrasi dan psikolog para calon pendaftar sebagai langkah awal sebelum mereka mengikuti seleksi sebenarnya,” ujarnya.

Dandim mengingatkan kepada setiap calon prajurit TNI agar selalu membina fisik, baik di rumah maupun yang terpusat di Makodim 0619/Purwakarta. “Laksanakan latihan sesuai instruksi pelatih sehingga target yang sudah ditentukan bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Andi meminta kepada para Babinsa saat ke wilayah selain melaksanakan tugas dan tanggung jawab tugas harian juga diharapkan untuk melatih para pemuda yang berminat mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI. “Sehingga mereka bisa terbina dan terarah dengan harapan banyak pemuda Purwakarta bisa bergabung menjadi anggota TNI,” ungkap Andi.(mas/sep)

Baca Artikel Pasundan Ekspres lainnya di  Google News

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan