KB Bergerak Tingkatkan Akses Layanan bagi PUS

KB Bergerak
0 Komentar

PURWAKARTA-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menjalankan agenda pelayanan KB Bergerak ke seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kepala DPPKB Kebupaten Purwakarta, Yayat Hidayat menjelaskan, KB Bergerak ini bertujuan meningkatkan akses pelayanan KB berkualitas bagi Pasangan Usia Subur (PUS) dan meningkatkan penggunaan kontrasepsi.

“Kami juga fokus pada peningkatan kepesertaan KB modern, terutama metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), serta penurunan angka unmet need KB atau PUS yang tidak terlayani,” kata Yayat kepada wartawan, Senin (27/11).

Baca Juga:Pemkab Purwakarta Berkomitmen Berantas Peredaran Rokok Ilegal, Rugikan Pemasukan Kas Negara maupun DaerahSerunya Guru di Pagaden Barat Bermain Alimpaido

Dirinya menjelaskan, KB Bergerak jelang Hari Ibu sekaligus peringatan HUT Ke-62 Korpri ini, juga digelar bertujuan untuk menghargai hak perempuan dalam mengendalikan kesuburan. “Banyak manfaat KB bagi kaum ibu di antaranya, KB dapat melindungi ibu dari gangguan kesehatan reproduksi yang bisa disebabkan karena hamil terlalu muda, terlalu tua atau hamil dalam waktu terlalu berdekatan. Hal ini nantinya dapat meningkatkan risiko preeklamsia atau lahir prematur,” ujarnya.

Yayat menyebutkan, tujuan KB adalah meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS). Ini, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk. “Tujuannya bukan mengurangi jumlah penduduk, tapi menjaga keseimbangan antara penduduk produktif dan kurang produktif, serta terciptanya keluarga yang harmonis dan sejahtera,” ucap Yayat.

Terpisah, Kabid KB DPPKB Purwakarta, Idi Junaedi mengatakan, pelayanan KB Bergerak dimulai sejak 21 November 2023 sampai dengan 4 Desember 2023. “Pelayanan KB Bergerak sudah kami mulai dari Selasa 21 November 2023 kemarin dan sudah ada beberapa masyarakat yang mendapatkan pelayanan, seperti 6 IUD dan 32 implant,” kata Idi.

Adapun targetnya, kata dia, adalah melayani sebanyak 740 akseptor dengan berbagai jenis dan metode kontrasepsi. Idi menambahkan, untuk kegiatan pelayanan serentak akan dilaksanakan pada Selasa 28 November 2023 di seluruh fasilitas kesehatan pemerintah untuk jenis kontrasepsi IUD dan implant.

“Sedangkan untuk pelayanan MOP dilaksanakan di klinik Wijaya Kusumah. Kami DPPKB Kabupaten Purwakarta optimis target pelayanan KB Bergerak jelang Hari Ibu dan HUT Ke-62 Korpri ini tersebut akan terlampaui,” ujar Idi.(add/sep)

0 Komentar