POLSUB dan BPBD Subang Tingkatkan Pengetahuan Kegawatdaruratan dan Bencana Bagi Nelayan Muara Ciasem

POLSUB dan BPBD Subang Tingkatkan Pengetahuan Kegawatdaruratan dan Bencana Bagi Nelayan Muara Ciasem
0 Komentar

SUBANG-Politeknik Negeri Subang melalui Jurusan Kesehatan mempromosikan tentang Kegawatdaruratan dan Bencana untuk para nelayan di Muara Ciasem, Pesisir Pantai Blanakan Subang, Sabtu (02/12).

POLSUB berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang untuk mempromosikan tentang pengetahuan perihal pertolongan pertama pada tindakan Batuan Hidup Dasar (BHD).

Menurut Wardah Fauziah, selaku ketua jurusan, kegiatan tersebut adalah salah satu program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) kampus yang bersifat rutin dan melibatkan masyarakat, khususnya di daerah Subang.

Baca Juga:Perumda TRS Optimis Mampu Berikan Layanan Terbaik Saat Musim Hujan Panitia Pilkades Desa Gambarsari Kumpulkan Timses Sosialisasikan Surat Suara Sah dan Tidak Sah

“Kami juga mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi supaya kita semua bisa menerapkan ilmu yang kita dipelajari di kampus dan bisa bermanfaat untuk masyarakat, terutama para nelayan di Muara Ciasem,” jelas Wardah.

Bertempat di Koperasi Unit Desa Mandiri Mina Bahari, Desa Muara Ciasem, Kecamatan Blanakan, para nelayan diajarkan mengenai pentingnya tindakan BHD yang harus dilakukan ketika melaut.

Menurut Darmono Indra, S.Ap. dari BPBD Subang, masyarakat di sini perlu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi ketika bekerja di laut lepas.

“Kami memberikan beberapa hal yang harus dilakukan ketika mengalami kecelakaan kerja seperti tenggelam ataupun serangan jantung saat melaut,” jelasnya.

Sehingga, para nelayanpun bisa bertindak cepat untuk melakukan pertolongan pertama pada kegawat daruratan dengan tindakan BHD.

“Selain materi tentang kegawatdaruratan dan bencana, kami juga mengajak mereka praktik langsung bagaimana tindakan BHD yang bernar,” tambah Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Subang itu.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kolaborasi antara Jurusan Kesehatan POLSUB dan BPBD bisa semakin solid dalam mempromosikan penanggulangan bencana kedepannya.

Baca Juga:Tahun Baruan Seru di Pamanukan Culinary Feast, Persembahan Spesial dari Favehotel PamanukanPemda Subang Cairkan Bonus Tunjangan Pajak untuk Atlet Porprov Jabar 2022, Sebelumnya Pajak Ditanggung Atlet

Wardah berharap, kolaborasi antara keduanya bisa berlanjut di tempat lainm karena masih banyak wilayah yang memerlukan sosialisasi tentang pentingnya pengetahuan kedawatdaruratan dan bencana.

“Semoga bisa terus berlanjut, supaya warga Subang semua bisa lebih paham dan sigap dalam menghadapi situasi kegawatdaruratan dan bencana,” tambah ibu asli Majalengka tersebut.

0 Komentar