Kapolres Purwakarta: Hubungan Baik Anak, Orangtua dan Lingkungan Penting Cegah Kenakalan Remaja

Kapolres Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Soal kenakalan remaja di masa kini, masa remaja merupakan periode transisi dari anak menuju dewasa. Pada usia ini kerap ditemukan perilaku berisiko yang bisa jadi mengarah ke tindakan kriminal.
Hal tersebut diungkapkan Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain saat menjadi narasumber dalam Focus Grup Discussion dengan tema ‘Pendidikan Karakter dan Pencegahan Kenakalan Remaja’ yang dihadiri guru, murid dari SMP dan SMA se-Purwakarta yang digelar Kantor Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Bale Sawala Yudhistira, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta itu, Kamis (4/12).

“Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan seseorang di usianya yang belum menginjak 18 tahun. Sebenarnya kenakalan remaja disebabkan oleh dua faktor yaitu subjektif dari diri sendiri dan objektif dari lingkungan,” ujar Pria yang akrab disapa Edwar itu.

Dikatakan Kapolres, ada penyebab lain yang bisa menyebabkan munculnya kenakalan yakni dari sifat bawaan atau dari keluarga misalnya orangtua yang terlalu sibuk dan kurang adanya komunikasi. “Karena anak yang sudah merasa tidak nyaman dalam rumah maka mudah terpengaruh lingkungan seperti ajakan teman yang membuatnya melakukan hal negatif. Bahkan kenakalan remaja yang kerap terjadi seperti perkelahian antar pelajar dan tindak kenakalan remaja lainya,” ucap Edwar.

Baca Juga:Universitas Singaperbangsa Karawang Menuju Kampus MenduniaPanwaslu Pusakajaya Siap Awasi Logistik Pemilu

Lebih jauhnya, kata dia, kunci menghindari munculnya kenakalan remaja adalah terjalinya hubungan komunikasi antara anak dan orangtua, guru di sekolah maupun masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya. “Pendidikan karakter sangat penting untuk terus diterapkan, sebab dalam pendidikan ada nilai-nilai yang terkandung seperti norma, etika, kedisiplinan dan sopan-santun,” imbuh Edwar.

Kapolres mengklaim, selama ini untuk mencegah kenakalan remaja di Purwakarta, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan seperti program Police Goes to School, sosialisasi ke tiap sekolah, jadi pembiana upacara di sekolah dan kegiatan lainnya. Lanjut dia, Polres Purwakarta konsisten dalam upaya pencegahan kenakalan remaja di Kabupaten Purwakarta. “Polres Purwakarta terus melakukan langkah preventif untuk mencegah pelajar di Kabupaten Purwakarta terjerumus dalam kenakalan remaja seperti terlibat dalam geng motor,” turur Edwar.

Kapolres menambahkan, Polres Purwakarta konsisten untuk melakukan pencegahan sejak dini dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah. “Kami ingin para pelajar di Kabupaten Purwakarta bersama-sama menghilangkan angka kejahatan, seperti tawuran maupun perkelahian. Kemudian bisa menjauhi narkoba serta dapat lebih bijak dalam bermedia sosial,” ucap pria yang terkenal murah senyum itu.

0 Komentar