BLK Subang Telah Latih 864 Orang, Tahun Depan Akan Bertambah

BLK Subang
0 Komentar

SUBANG-Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Subang tiap tahun rutin menggelar pelatihan. Mulai dari pelatihan menjahit, pengelasan, pengolahan makanan dan lainnya.

Di tahun 2023 ini, BLK mengklaim lulusan dari pelatihan tersebut telah diserap sekitar 62,5 persen ke berbagai perusahaan di Subang dan luar kabupaten.

Kepala UPT BLK Subang Ucu Kuswandi ST mengatakan, di tahun 2023 pihaknya mendapatkan anggaran untuk dua kegiatan pelatihan yang bersumber dari APBN dan APBD.

Baca Juga:Ade Astrid Hibur Masyarakat di Kampanye Terbuka Caleg Golkar di PurwakartaPanwaslu Pusakanagara Awasi Gudang Logistik Pemilu

Dia menyebut, kegiatan pelatihan tersebut mengikutsertakan 864 orang di tahun 2023. Dari APBN sebanyak 480 orang dan APBD 384 orang.

Dia menuturkan, jurusan pelatihan yang paling diminati adalah menjahit dan pengelasan. Alasannya memang banyak perusahaan yang menginginkan calon pekerjanya memiliki skill dan kompetensi jurusan tersebut.
“Hampir 80 persen perusahaan meminta SDM yang bisa pengelasan dan menjahit ” katanya.

Ucu mengatakan, di tahun 2024 nanti kuota untuk pelatihan dari pusat dan daerah diprediksi akan meningkat. Bahkan akan ada jurusan baru, seperti resepsionis perhotelan dan wisata.

Ia mengatakan, alat-alat yang terdapat di BLK pun saat ini harus ada yang terbaru. Sebab seri dan mesin yang ada tidak sesuai dengan yang perusahaan miliki.

“Kalau bisa dikatakan mesin dan peralatan kita jadul. Jadi susah nantinya ketika alumni pelatihan di kita diserap oleh perusahaan skala nasional dengan mesin canggih,” katanya.

Sementara itu, alumni peserta pelatihan 2023, Widi mengatakan saat ini ia telah bekerja di perusahaan perbankan di Kabupaten Subang.

Dia memilih jurusan komputer saat itu. BLK Subang mengeluarkan sertifikat BNSP yang berskala nasional dan internasional.

Baca Juga:DPRD Karawang Ingatkan Soal Komitmen Jaga Areal Pertanian, Pertahankan Karawang Sebagai Lumbung PanganSMAN 1 Subang Terapkan Konsep Sekolah Ramah Lingkungan, Agar Warga Sekolah Merasa Nyaman

“Sekarang sudah berkerja, lumayan mendapatkan skill langsung diserap juga oleh perusahaan ketika lulus,” pungkasnya.(ygo/ysp)

0 Komentar