SMAN 1 Subang Terapkan Konsep Sekolah Ramah Lingkungan, Agar Warga Sekolah Merasa Nyaman

SMAN 1 Subang
0 Komentar

SUBANG-Kenyamanan dalam proses pendidikan tentu merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan di sekolah. Maka dari itu, SMAN 1 Subang didesain dengan konsep ramah lingkungan.

Wakasek Humas SMAN 1 Subang Deni Karsa Sondana SPd MSip mengatakan, terdapat beberapa poin penting pada desain sekolahnya dalam menunjang konsep ramah lingkungan serta kenyamanan proses pendidikan.

“Kita memiliki hutan sekolah, bisa dilihat ada beberapa pohon besar yang rindang sehingga dapat memproduksi udara yang segar, ditambah lagi terdapat gazebo di tengah hutan sekolah yang nyaman sekali untuk digunakan berbagai kegiatan,” ucapnya.

Baca Juga:Pj Bupati Bandung Barat Rekomendasikan Ganti Sejumlah Pejabat, Komunikasi Buruk dan Tak Perhatikan MasyarakatRibuan Penari Akan Bergoyang di Subang

Deni mengatakan, di samping itu gedung sekolah didesain mengelilingi menghadap hutan sekolah agar semua kelas dapat menikmati keasrian hutan sekolah.

“Bagus juga ada sirkulasi udara bersih yang berasa dari hutan sekolah lewat ventilasi masing-masing ruangan. Ditambah lagi kami tidak menggunakan AC melainkan kipas biasa, karena kami rasa penggunaan AC lebih banyak dampak buruknya, salah satunya pemanasan global,” ucapnya.

Selain dari segi bangunan, SMAN 1 Subang juga memiliki program daur ulang sampah dengan menggandeng Babinsa setempat.

“Program ini mirip dengan bank sampah hanya saja sampahnya tidak dikelola sendiri di sekolah, karena kami takut nanti malah terjadi penumpukan sampah, maka dari itu kami menggandeng Babinsa,” ucap Deni.

Deni bilang saat masa musim hujan tidak perlu khawatir jika sekolahnya terjadi banjir karena memiliki drainase yang cukup baik.

“Untuk musim hujan seperti sekarang, alhamdulillah SMAN 1 Subang tidak perlu khawatir dengan adanya genangan air yang besar atau bahkan banjir, karena kita memiliki drainase yang cukup baik serta terdapat pori di sekitar lapangan,” ucapnya.(fsh/ysp)

0 Komentar