Kasomalang Waspada Bencana Longsor, Camat Ingatkan Warga untuk Waspada

Bencana Longsor
0 Komentar

SUBANG-Pada musim penghujan saat ini, sangat riskan untuk membuang sampah sembarangan, karena akan memicu banjir. Selain itu, bencana longsor kerap menghantui warga yang tinggal di wilayah selatan Kabupaten Subang, karena banyaknya bukit, tebing dan lainnya.

Kasomalang salah satu kecamatan yang masuk dalam daerah rawan bencana. Beberapa kali kecamatan tersebut, terkena bencana alam terutama longsor.

Camat Kasomalang, Tatang Saefuloh mengatakan, sejak awal dirinya menjabat, kewaspadaan akan longsor menjadi perhatian di musim hujan. Ia menyebut, daerah Kasomlang masuk dalam wilayah kecamatan rawan bencana. kesiapsiagaan masyarakat akan bencana harus ditingkatkan.

Baca Juga:SMAN 1 Subang Tak Ambil Pusing Soal Sistem ZonasiPPK Klari Sosialisasi Pemilu dan Pendataan dalam Jalan Sehat

“Saya mengimbau kepada masyarakat, agar selalu waspada akan bencana alam,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Camat Tatang, warga pun diimbau agar selalu menerapkan pola hidup bersih. “Sampah harus dibuang pada tempatnya. Rencana ke depannya, akan diadakan peningkatan bebersih lingkungan untuk meminimalisir bencana,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Subang Udin Jazudin mengatakan, potensi banjir terjadi ketika semua masyarakat abai terhadap kebersihan di lingkungannya. Mulai dari membuang sampah sembarangan, menjadi faktor pemicu banjir yang ada di Kabupaten Subang.

“Contohnya ketika membuang sampah di wilayah selatan, akan terjadi penyumbatan dan menyebabkan banjir di wilayah Utara dan sekitarnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, masyarakat pun harus waspada dengan bencana lainnya. Seperti longsor dan angin puting beliung dimana bencana tidak akan bisa di prediksi oleh manusia.

“Puting beliung rawan terjadi di wilayah tengah dan barat, longsor selatan dan banjir di Utara,” katanya.(ygo/ery)

0 Komentar