1.000 Pelaku UMKM Subang Akan Mendapat Pelatihan, Dari Kemenkop KUMKM RI

UMKM Subang
0 Komentar

SUBANG-Sebanyak 1.000 pelaku UMKM asal Subang, akan menerima pelatihan gratis dari Kemenkop KUMKM RI. Pelatihan tersebut diperuntukkan untuk pengembangan produk UMKM. Ada 81.000 pelaku UMKM di Kabupaten Subang, yang tersebar di berbagai daerah, dengan jenis kuliner, kerajinan dan fashion.

Kepala Bidang UMKM melalui fungsional UMKM DKUPP Subang Hari Sobari ST mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan kepada pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Subang, akan ada pelatihan terhadap 1.000 orang pelaku UMKM yang bersumber dana dari APBN. Peserta yang terdiri dari pelaku UMKM tersebut, nantinya akan diacak dan sesuai kebutuhan, yang diusulkan DKUPP Subang.

“1.000 orang pelatihan untuk pengembangan produk,” ujarnya.

Pelatihan tersebut akan dimulai pada awal tahun. Tenaga pelatih berasal dari Kementrian dan juga dari DKUPP. Pengembangan produk yang di lakukan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan produk dengan berbagai inovasi.

Baca Juga:Persikas Subang Butuh Bapak AsuhPT. DAHANA Buat Tanggul Penahan Ombak dan Cegah Rob

Hari mengatakan, saat ini pun ada 50 pelaku UMKM yang telah menyimpan produknya di berbagai toko moderen (kurasi). Hal tersebut, merupakan inovasi dari DKUPP untuk memberikan akses penjualan kepada para pelaku UMKM.

Dijelaskan Hari, program kurasi tersebut direncanakan agar di tahun 2024 ada peningkatan. Yaitu, 100 pelaku UMKM akan terlibat dalam program itu.

“Tahun 2024 kita ingin ada penambahan sebanyak 100 pelaku UMKM yang kurasi ” tambahnya.

Sementara itu, pelaku UMKM Subang Saidah mengatakan, impiannya untuk menyimpan dan menjual produk di toko modern sampai saat ini belum terealisasi, sehingga ia hanya bisa memanfaatkan penjualan dari warung ke warung saja.

“Saya ingin menjual produk dan menitipkannya di toko moderen,” harapnya.(ygo/ery)

0 Komentar