Dorong TMP Jadi Destinasi Wisata Baru, Diusulkan Sebagai Cagar Budaya

Destinasi Wisata Baru
0 Komentar

KARAWANG-Lokasi Sekitar Taman Makan Pahlawan (TMP) yang berada di desa Pancawati Kecamatan Klari, rencananya bakal dirintis menjadi cagar budaya dan tempat destinasi wisata baru, untuk mengimbangi sejumlah desa wisata yang pesat berkembang di kabupaten Karawang, Rabu (27/12).

Kepala Desa Pancawati, Enjuh Juhana SH menjelaskan, pada saat ini Kabupaten Karawang tengah mengembangkan sejumlah desa wisata. Kecepatan perkembangannya cukup bagus dan lokasi sekitar TMP bisa menjadi salah satu cagar budaya dan tempat destinasi wisata.

“Saya berharap Kabupaten Karawang bisa mengimplementasikan paradigma dari pengembangan cagar budaya dan destinasi wisata yakni dari sisi ekonomi. Nantinya, tempat-tempat cagar budaya bisa menjadi lokasi wisata yang menarik dan bisa membiayai dirinya sendiri,” ujarnya.

Baca Juga:Oknum Guru Ngaji Terjerat Pasal Berlapis, Hukuman Minimal 15 Tahun PenjaraPantai Pondok Bali Favorit Wisata, Harga Tiket Masih Terjangkau

Menurutnya, dengan adanya perubahan di sekitar TMP yang berada di desa Pancawati, harus ada perubahan terutama dari segi perawatan pengamanan dan segala macamnya. Selama ini, kan hanya dijadikan seremonial saja seperti untuk peringatan hari pahlawan dan peringatan 17 Agustus saja.

“Saya ada keinginan ke depannya di sana ada perpustakaan ada museum dan ada relief-relief tentang pahlawan, supaya warga desa khususnya para anak-anak dari PAUD TK SD dan semuanya bisa menikmati dan mengetahui tentang pahlawan. Makna arah yang sesungguhnya, dengan adanya perubahan itu ada nilai edukasi bagi masyarakat khususnya Desa Pancawati umumnya masyarakat Kabupaten Karawang,” tambahnya.

Masyarakat Kabupaten Karawang nantinya di lokasi tersebut bisa menikmati suasana yang berbeda. Selanjutnya, Enjuh mengembalikan lagi ke pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata, Dinas PRKP, Dinas Sosial dan Komisi 3 DPRD Karawang, yang dapat membatu.

“Supaya ke depannya bisa lebih bermanfaat dan untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya Desa Pancawati,” tandasnya.(dik/ery)

0 Komentar