KPU Purwakarta Sortir Surat Suara Pemilu 2024

KPU Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 yang dipusatkan di Kantor KPU Jalan Flamboyan, Kelurahan Nagri Kaler, Kabupaten Purwakarta, Ahad (7/1).

Dalam penyortiran salah satu logistik keperluan pesta demokrasi lima tahunan ini, lembaga penyelenggara pemilu mengerahkan sekitar 500 petugas yang merupakan warga sekitar.

Komisioner KPU Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, proses penyortiran dimulai dari surat suara pemilihan anggota legislatif DPR RI. “Proses penyortirannya kami targetkan maksimal 10 hari ke depan,” kata Binos kepada wartawan.

Baca Juga:KPU Purwakarta: Parpol Terancam Batal Jadi Peserta Pemilu, Jika Tak Laporkan Dana KampanyeFavehotel Pamanukan Akan Gelar Pameran Pernikahan Dengan Tajuk “Pamanukan Wedding Fair”

Binos menjelaskan, pelaksanaan sortir surat suara ini akan dilakukan secara estafet. Setelah DPR RI, penyortiran ini akan dilakukan selanjutnya untuk surat suara DPRD provinsi, kabupaten dan surat suara untuk kebutuhan pilpres.

“Taget kita, sampai 20 Januari nanti seluruh surat suara ini telah tersortir. Mudah-mudahan bisa selesai sesuai dengan rencana,” ujar Binos menambahkan.

Dalam kegiatan penyortiran ini, kata Binos, pihaknya pun melibatkan seluruh unsur untuk mengawasi. Termasuk, dari unsur kepolisian dan TNI.

Adapun jumlah surat suara yang disortir mulai ini hari ini, yakni sebanyak 75.860 lembar surat yang masih dikemas di dalam boks. Untuk satu boks berisi 500 lembar surat suara.

Terkait jumlah total seluruh surat suara untuk kebutuhan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, itu yakni 3.743.005 lembar surat suara atau 13.465 boks. “Jumlah surat suara tersebut, merupakan akumulasi untuk kebutuhan pileg dan pilpres,” ucap Binos.(add/ysp)

0 Komentar