Kunjungi Pengungsi Longsor Sumber Aqua, Kadinkes Subang Pastikan Ketersedian Obat-obatan

longsor sumber aqua
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Dinas Kesehatan Kabupaten Subang mengunjungi lokasi pengungsian yang terdampak bencana longsor sumber aqua di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.

Dalam kunjungan tersebut, Dinkes Subang memberi bantuan dan memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kindisi kesehatan dan pemberian obat gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi menyampaikan, kondisi kesehatan para pengungsi dirasa cukup baik dan tak ditemukan adanya penyakit berat.

Baca Juga:Melly Goeslaw Ulang Tahun ke 50 Banyak Bersyukur hingga Mengutarakan HarapanLongsor di Mata Air Cipondok, Penjabat Bupati Subang Kunjungi Posko Pengungsian

“Menurut pengataman saya, kelihatan baik-baik saja pengungsinya. Kondisi pengungsi rata-rata sehat, namun ada orangtua yang mengalami sakit rematik mungkin karena kaget atas kejadian ini,” ungkapnya.

Dinkes Subang juga memastikan persediaan obat aman dan tidak kurang. Ia pun mengimbau tenaga kesehatan (Nakes) untuk mengatur pembagian obat serta pelayanan terhadap pengungsi.

“Obat-obatan kami sudah siap, saya sudah instruksikan kepala puskesmas untuk mengambil jatah obat diluar jatah rutin puskesmas,” terangnya.

Ada pun obat yang disediakan Dinkes diantaranya anti biotik, penurun panas, termasuk obat-obat batuk yang memang terjadi sangat sering kepada orang-orang yang berada di pengungsian.

Tak hanya itu, petugas kesehatan Puskesamas Jalancagak, Kasomalang, Cisalak, Tanjuangsiang akan bergiliran untuk berjaga di tempat mengungsian karena dikhawatirkan ada kasus-kasus emergency.

Dalam kunjungannya, dr. Maxi mewakili organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan bantuan logistik kepada pengungsi.

“Atas nama Dinas Kesehatan termasuka ornganisasi profesi Ikatan Dokter Indonesi, kamu datang menengok keadaan masyarakat di sini dan memberikan bantuan,” pungkasnya. (cdp)

 

0 Komentar