BNPB RI Bantu Penanganan Longsor Cipondok, Siapkan Bantuan Oprasional Rp250 Juta

BNPB RI Bantu Penanganan Longsor Cipondok, Siapkan Bantuan Oprasional Rp250 Juta
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Dalam respons cepat terhadap bencana longsor di Wisata Air Cipondok Kasomalang Subang, Pemkab Subang di bawah pimpinan Pj. Bupati Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd, mengambil langkah-langkah evakuasi, penanganan darurat, dan rehabilitasi yang efisien. (10/01/2024).

Pada peninjauan lokasi pasca 3 hari bencana longsor, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang hadir secara langsung memberikan apresiasi terhadap kecepatan dan ketepatan waktu langkah-langkah penanganan.

“Saya lihat fase-fase tanggap darurat telah dilakukan dengan baik. Tanggap darurat akan dilakukan Pemkab Subang di bawah kepemipinan PJ. Bupati selama 7 hari, karena itu BNPB turun membantu baik dari peralatan, perlengkapan dan anggaran,” katanya.

Baca Juga:BUMDes Kabupaten Subang Rating Tertinggi Penerimaan PPB dan PKBPolisi Kejar Komplotan Begal yang Tewaskan Buruh Pabrik di Karawang

Letjen Suharyanto menuturkan, BNPB memberikan bantuan sembako, makanan siap saji, tenda, matras, selimut, dan anggaran operasional siap pakai sebesar 250 juta Rupiah.

Pj. Bupati Dr. Imran menyatakan terima kasih atas bantuan dan kehadiran langsung Letjen Suharyanto, serta kepada para relawan dan stakeholder yang telah bahu membahu dalam penanganan bencana.

“Kami Masyarakat dan Pemkab Subang masih merasakan kesedihan atas bencana ini, kami bersyukur kepala BNPB bisa hadir langsung dan melihat kondisi langsung dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena longsor. Terima kasih kepada Bapak Presiden, BNPB, Basarnas, relawan dan seluruh stakeholder. Kami berharap bencana ini segera berakhir,” jelasnya.

Dr. Imran memastikan perhatian menyeluruh kepada para pengungsi, dari aspek makanan, kesehatan, psikologi, hingga pendidikan anak-anak pengungsi yang masih bersekolah.

“Saya menyaksikan sendiri petugas kesehatan setiap hari mendampingi pengungsi, kemudian dari kepolisian tim psikologi hadir, dari TNI Kodim dan bahkan Danrem hadir memberikan motivasi,” tegasnya.

Seluruh stakeholder, termasuk TNI, kepolisian, dan relawan, berperan aktif dalam penanganan bencana ini.

Dengan harapan bencana segera berakhir, Pemkab Subang terus berkomitmen untuk mendukung masyarakat terdampak dan menjalankan langkah-langkah adaptasi serta mitigasi risiko bencana di tingkat lokal.

Baca Juga:Lapas Subang Lakukan Pengecekan dan Rekam e-KTP Warga Binaan Jelang Pemilu 202410.000 Pelanggan Perumda TRS Terdampak Akibat Longsor, Lakukan Penanganan Cepat

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Danrem 063 Sunan Gunung Djati, BPBD Provinsi Jawa Barat, BMKG Jawa Barat, Sekretaris Daerah, Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, Pj. Ketua TP PKK Subang, jajaran BPBD, serta para relawan.

0 Komentar