Niat Awal Puasa Ramadan Imam Malik, Lengkap dengan 7 Fadilahnya!

Niat Awal Puasa Ramadan Imam Malik, Lengkap dengan 7 Fadilahnya!
Niat Awal Puasa Ramadan Imam Malik, Lengkap dengan 7 Fadilahnya! (Foto Instagram @nuonline.id)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang paling mulia dan diberkahi dalam agama Islam. Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia menantikan datangnya bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan antusiasme. Di dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW, terdapat banyak penjelasan mengenai fadilah atau keutamaan puasa Ramadan yang menjadi landasan penting bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah tersebut.

Dan hal paling penting dalam menjalankan setiap ibadah ialah niat, bahkan Nabi SAW pernah bersabda:

“Segala sesuatu tergantung dalam niatnya”

Penggalan hadits yang dikutip penulis dalam kitab syarah taqrib. 

Berikut niatnya: 

“Nawaitu Shauma Ghodin jamiia syahri romadloni taqlidan lil imami maliki lillahi ta’ala”

Baca Juga:Dengan 6 Ide Menu Makan Sore Sehat ini, Gak Bakalan Bikin Kamu Gemuk!Cara Membuat KK di Kota Medan Terbaru Lewat Online 2024

“aku berniat puasa satu bulan penuh Ramadan, mengikuti Imam Malik, ikhlas karena allah Ta’ala.”

Merangkum dari hadits-hadits Shohih Imam Bukhari dan Imam Muslim, kita akan menjelajahi beberapa fadilah puasa Ramadan yang penting dalam Islam.

 

 

Fadilah Puasa Ramadan dalam Al-Qur’an

 

1. Diampuni Dosa-dosa yang Lalu: Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya: “Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an menjadi petunjuk bagi manusia, dan (membawa) keterangan-keterangan yang memberi petunjuk dan pembeda. Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…” Dari ayat ini, kita dapat memahami bahwa puasa Ramadan adalah kesempatan bagi umat Muslim untuk memperoleh pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu.

 

2. Pintu-pintu Surga Dibuka: Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila datang bulan Ramadan, pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim) Hal ini menunjukkan bahwa bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa di mana pintu-pintu surga terbuka lebar bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah dengan ikhlas dan penuh keimanan.

 

Manfaat Spiritual Puasa Ramadan

 

1. Meningkatkan Ketaqwaan: Puasa Ramadan membantu umat Muslim untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan perbuatan-perbuatan terlarang dari fajar hingga terbenamnya matahari, umat Muslim belajar untuk mengendalikan hawa nafsu dan memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.

0 Komentar