Dokter Maxi Bagikan Tips Sehat Selama Berpuasa 

tips sehat selama bulan ramadan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi saat membagikan tips sehat selama bulan ramadan.
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Bulan Ramadan adalah momen yang selalu dinanti umat muslim. Di saat cuaca tak menentu, saat siang panas dan sore hingga malam hujan dapat membuat tubuh mudah sakit. 

Selama bulan ramadan, kesehatan tubuh perlu dijaga agar tidak mudah letih dan lesu. Apalagi jika banyak aktivitas di luar, saat tubuh tetap fit ibadah puasa akan berjalan lancar dan maksimal. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi memberikan beberapa tips menjaga kesehatan saat berpuasa melalui program CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres dengan baik). 

Baca Juga:Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Mulai Diperiksa di Gedung Merah Putih KPKToko Oleh-oleh Haji dan Pakaian Muslim di Karawang Hangus Dilalap Si Jago Merah

“Program ini tidak ada salahnya jika diterapkan pada suana bulan suci dan dalam kehidupan sehari-sehari karena sangat membantu sekali untuk menjaga kesehatan,” ujarnya. 

Selain itu, Maxi juga membagikan tips tambahan, seperti pada saat makan sahur harus mengkonsumi makanan tinggi kalori. Karena sekitar 14 jam tubuh tidak ada asupan makanan ataupun minumuan. 

“Sehingga kalau kalorinya cukup itu akan mempertahankan metabolisme di dalam badan selama 14 hari tanpa masuk makanan dan perbanyak juga konsumsi buah-buah maupun air putih serta memperhatikan istirahat dengan cukup dan baik,” imbuhnya. 

Kemudian, lanjut Maxi, pada saat berbuka sebaiknya mengkonsumsi makan-makanan yang manis, karena makanan manis (glukosa) sangat cepat diserap oleh usus sehingga dapat menghilangkan rasa lemas dan lapar di badan kita. 

Menurutnya, bulan suci ramadan ini memberikan dampak kesehatan yang baik bagi kesehatan. Karena khusus saluran pencernaan manusia itu diberikan waktu istirahat yang panjang dan bulan ramadan juga sangat membantu kesehatan psikologis. 

“Secara psikis tentunya kita merasa lebih dekat dengan sang  pencipta dan secara psikologis sangat menyehatkan karena faktor fikiran itu sangat penting perannya dalam kesehatan manusia,” pungkasnya. (cdp) 

 

0 Komentar