Alasan Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle!

Alasan Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle
Alasan Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pernahkah kamu membuka Google hari ini, 29/04/2024, dan disambut dengan gambar kaki menari di atas bambu? Itulah Tari Rangkuk Alu, tarian tradisional Indonesia yang menjadi Google Doodle untuk merayakan Hari Tari Sedunia (International Dance Day).

Tari Rangkuk Alu berasal dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini unik karena berawal dari permainan rakyat yang menggunakan bambu sebagai alat utama.

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), permainan Rangkuk Alu ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah tarian. Biasanya Tari Rangkuk Alu ditampilkan saat bulan purnama setelah panen.

Baca Juga:Lokasi Nobar Timnas Indonesia di Subang!Satu Langkah Lagi Menuju Olimpiade Paris untuk Timnas Indonesia U-23!

Mengapa Google memilih Tari Rangkuk Alu sebagai Doodle hari ini?  Selain karena bertepatan dengan Hari Tari Sedunia, pemilihan Tari Rangkuk Alu  merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya Indonesia.

Tari Rangkuk Alu  menampilkan perpaduan antara permainan tradisional dan seni tari, menjadikannya sebuah warisan budaya yang menarik.

Google Doodle animasi tersebut  menampilkan gerakan kaki penari yang sedang melompat menghindari jepitan dua bilah bambu.  Selain itu, penjelasan singkat mengenai Tari Rangkuk Alu  juga bisa Anda dapatkan  langsung di halaman pencarian Google.(dbm)

0 Komentar