oleh

Siap Rebut Kursi Bupati Subang, Parpol Sudah Siapkan Calon Bupati

SUBANG-Sudah jadi kalendar partai politik yang setiap lima tahun sekali memikirkan pemenangan dalam pemilu. Target memenangkan pemilu jadi ambisi yang tidak bisa dibantah oleh partai politik.

Berdasarkan catatan Pasundan Ekspres, sejumlah partai politik di Subang saat ini sudah mulai melakukan ancang-ancang menatap Pilkada mendatang. Ada yang sudah terang-terangan mengaku ingin menang di Pilkada ada juga yang masih malu-malu menyampaikan ke publik melalui media.

Awal tahun ini salah satunya Partai Gerindra yang sudah memikirkan nasibnya di Pilkada Subang mendatang. Partai berlambang kepala burung Garuda itu telah menggelar konsolidasi internal. Salah satunya membahas soal Pilkada Subang.

PKS pun demikian. Baru-baru ini, PKS yang kini berhasil mendudukan kadernya menjadi Wakil Bupati Subang pun sudah mulai menatap masa depan partai pada perhetalan Pilkada mendatang.

Sementara itu, jauh sebelum itu PDIP sudah bicara mengenai strategi besar dalam memenangkan Pilkada Subang mendatang. Yakni menggelar koalisi maupun konvensi.

DPC Gerindra Kabupaten Subang berencana akan mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati dari kadernya. Kini Gerindra memiliki 6 kursi di DPRD Subang.

Gerindra Siapkan Kadernya

Gerindra awal tahun ini menggelar konsolidasi organsiasi dengan tema Refleksi Partai Gerindra Kabupaten Subang, Menyongsong Pilkada 2023 melalui Skema Dialog Interaktif.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Subang H. Aceng Kudus menyampaikan, pada pilkada tahun 2018, partainya hanya sebagai pengusung. Rencananya, di pilkada tahun 2023 kandidat dari Partai Gerindra yang diusung.

“Ke depannya Partai Gerindra Subang mempunyai kandidat sendiri,” katanya kepada Pasundan Ekspres, waktu itu.

Aceng memastikan akan ada penguatan kaderdi tubuh Partai Gerindra Subang dengan mengadakan silaturahmi baik dengan pengurus dan lainnya dalam 3 bulan sekali.

Aceng sangat optimis dengan hadirnya Partai Gerindra di Kabupaten Subang mampu meraih hati masyarakat. Target Partai Gerindra dalam menyongsong Pilkada 2023 akan berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

“Kami sangat optimis. Partai Gerindra bisa meraih kursi sebanyak-banyaknya dan Pilkada bisa sukses dengan hadirnya kandidat dari Gerindra Subang,” ujarnya.

PKS: Bicara Pilkada Masih Terlalu Dini

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mulai menyiapkan nama-nama untuk dimajukan ke Pilkada Subang mendatang. Namun PKS belum berani menyampaikan ke publik.

Ketua DPD PKS Kabupaten Subang, Agus Masykur Rosyadi menyampaikan, berbicara mengenai Pilkada 2023 sepertinya terlalu dini.

“Meskipun begitu kita sudah persiapkan dan melakukan kesolidan partai,” katanya kepada Pasundan Ekspres, belum lama ini.

“Bukan hanya mempertahankan saja, tapi kita ingin penambahan kursi di DPRD Kabupaten Subang dua kali lipat dari yang sudah ada sekarang,” katanya.

Agus menyampaikan, pada pilkada ke depan menjadi tantangan bagi PKS. Di mana nanti dalam pilkada tetap ada kader PKS yang menjadi wakil kepala daerah, bahkan kepala daerah.

“Wakil Bupati Subang (saat ini, red) berasal dari partai dakwah ini. Itu menjadi peluang kita di mana dikenal publik dan masyarakat. Tapi tetap kita harus terus mempertahankan karena mempertahankan lebih sulit dari pada menggapai,” ujarnya.

PDIP: Koalisi atau Konvensi

Ketika itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Subang, Maman Yudia didampingi Sekretarisnya Niko Rinaldo menyiapkan langkah besar untuk pemenangan Pilkada yang akan datang. Hal tersebut terungkap dalam diskusi publik di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Subang, September 2020 lalu.

Langkah tersebut yakni berkoalisi maupun menggelar konvensi. “PDI Perjuangan Subang kini merupakan partai terbuka dan modern. Untuk menghadapi pilkada ke depan, kami siap menggelar konvensi. Karena terbuka, siapapun bisa ikut serta selama memenuhi persyaratan,” kata Maman Yudia.

Konvensi berlaku bagi siapa saja kader partai.

Termasuk Bupati Subang H. Ruhimat jika berminat mengikuti konvensi. “Mengapa H. Ruhimat? Sebab, H. Ruhimat sudah memiliki KTA. “Jika memenuhi syarat, ya silahkan,” tambahnya.

Ruhimat kini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPC PDIP Subang.

Maman melanjutkan, pada prinsipnya, parameter yang dihasilkan dalam konvensi dapat menghasilkan calon yang punya popularitas, elektabilitas tinggi dan kapasitas yang mumpuni.(ygo/ysp)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *