Recovery Banjir, Bupati Jemput Bola Ke Kementerian Pertanian

Recovery Banjir, Bupati Jemput Bola Ke Kementerian Pertanian
0 Komentar

SUBANG– Jemput bola recovery pasca banjir dalam bidang Pertanian, Bupati Subang Ruhimat sambangi Kementrian Pertanian, Selasa (2/3). Bupati Subang H Ruhimat dalam pertemuan di Kementrian Pertanian dengan bertemu Dirjen PSP serta Sekjen Kementrian Pertanian dihari yang sama namun dalam waktu yang berbeda.

Kunjungan Bupati ke Kementrian Pertanian turut didampingi Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDIP H. Sutrisno, Asda II dr Nunung Syuhaeri, Sekdis Pertanian, Ketua KTNA Jabar H Otong Wiranta untuk bertemu Sekjen Kementrian Pertanian Dr Ir. Momon Rusmono serta Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy.

Upaya Bupati Subang mengenai situasi terkini pasca banjir di Subang yang berdampak pada 21 Kecamatan menjadi perhatian khusus dalam agenda jemput bola pada beberapa Kementrian dan Intansi di Pemerintahan Pusat.

Baca Juga:Besok Akan Dilaksanakan Pemadaman Listrik, Cek Waktu dan Wilayahnya DisiniKajian Amdal PT Taifa Tertunda, Rona: Kita Juga Tidak Bisa Berbuat Banyak

“Kami menyampaikan update terkini situasi pertanian di Kabupaten Subang pasca banjir,” kata H Ruhimat.

Menurutnya, selain infrastruktur yang menjadi perhatian Pemda Kabupaten Subang pasca banjir, bidang pertanian juga salah menjadi salah satu yang terdampak banjir dimana dalam data yang terekap Posko Terpadu Bencana Banjir Kabupaten Subang, ada 14.073 hektare sawah yang terdampak banjir.

“Sehingga yang merasakan kerugian materil maupun imateril juga dari dampak banjir tersebut dirasakan oleh petani,”jelasnya.

Untuk itu, pertemuan dengan Dirjen PSP dan Sekjen Kementan diharapkan dapat mempercepat upaya pemulihan kebencanaan pasca banjir dalam bidang pertanian baik yang berkaitan dengan infrastrukur, benih padi hingga soal pupuk.

“Agar ini bisa menjadiperhatian Pemerintah Pusat untuk segera melakukan recovery, apalagi Subang termasuk daerah keempat dalam hal lumbung padi nasional,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati Ruhimat menyebut, selain terkait dengan prioritas recovery pasca banjir, berbicara untuk kedepan, Bupati juga menyampaikan terkait rencana lompatan ketahan pangan di Kabupaten Subang.

“Seperti kita ketahui ada Pelabuhan Patimban sebagai pusat pertumbuhan eonomi baru kedepan, tidak hanya padi, kedepan akan dipersiapkan selain padi ada ketahanan pangan lain di Kabpaten Subang, ” imbuhnya.

Baca Juga:Didesak Pindahkan TPA Panembong, Kadis LH: Tak Semudah Pindahkan Tong SampahPLN Ganti KHM meter yang Rusak karena Banjir, Begini Caranya

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan secara langsung terkait kesiapan Subang terkait dengan penanganan serta mengharapkan dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah Pusat untuk mendukung rencana tersebut. (ygi/ded)

0 Komentar