TPA Panembong Dijuluki ‘Caringan Dollar’, Cerita Pemulung Menemukan Mata Uang Dollar

TPA Panembong Dijuluki 'Caringan Dollar', Cerita Pemulung Menemukan Mata Uang Dollar
Pemulung memilah bahan besi dari tumpukan sampah di TPA Panembong.
0 Komentar

BAGI Fatmawati (43) gunungan sampah membawa berkah. Setiap minggu ia bisa mendapatkan uang Rp200-300 ribu dari mengais sampah plastik di TPA Panembong, Subang. Di antara mereka bahkan ada yang sudah belasan tahun menjadi pemulung. Karena hasil yang menggiurkan.

Fatmawati tidak sendiri, ada sekitar 40 orang pemulung di TPA Panembong yang mengais rejeki setiap harinya. Mereka memilah sampah plastik, kawat, besi dan barang yang dianggap berharga. Tapi siapa sangka, di antara tumpukan sampah ratusan ton itu, banyak “harta karun”. Di antaranya mata uang dollar dan mata uang asing lainnya.

Penemuan “harta karun” itu heboh. Sekitar dua tahun lalu. Hanya saja Pasundan Ekspres belum berhasil menemukan yang mendapat mata uang dollar itu. “Iya bener, tahun lalu ada yang menemukan mata uang dollar. Ditukar ke bank. Ada yang dapat jutaan,” ujar Fatmawati.

Baca Juga:Derita Petani Subang: Pupuk Mahal Harga Padi AnjlokPDIP dan Nasdem akan PAW Anggota di DPRD Subang

Hal itu dibenarkan oleh pemulung lainnya. Biasanya kata mereka, uang itu terselip di pakaian atau sampah dari pabrik. Tapi kini kata Fatmawati, sampah dari pabrik sudah dipilah warga sekitar pabrik sebelum dikirim ke TPA. “Dulu sempat heboh sih, jadi sekarang sampah dari pabrik dipilah dulu jadi ke sini ya sudah gak ada apa-apa. Biasanya tergulung di sampah kertas. Orang sini sudah tahu mata uang dollar, euro, atau lainnya,” kata pemulung lainnya.

Karena banyak barang berharga dan dollar, maka TPA Panembong dijuluki “caringin dollar”. Lain cerita bagi para pengais rejeki di sungai Cileuleuy yang berada tepat di bawah kaki gunungan sampah TPA Panembong. Saat terjadi longsoran sampah, mereka berburu barang berharga.

“Di bawah sana banyak yang menemukan emas. Ada gigi emas, kepala sabuk berlapis emas, cicin, pokonya macam-macam,” timpal Amo, pemulung lainnya.

Tapi meski sudah sulit menemukan dollar dan barang berharga, warga tetap mengais rejeki. Bagi mereka, keberadaan TPA Panembong sudah menjadi sumber mata pencaharian. Meski demikian para pemulung dan pegawai Dinas Lingkungah Hidup mengakui penampungan sampah sejak tahun 1987 itu sudah melebihi kapasitas. Gunungan sampah berada di tepi dataran tinggi yang rawan longsor.

0 Komentar