Astra Zeneca Aman Digunakan

Astra Zeneca
AMAN: Pemerintah menegaskan vaksin Covid-19 AstraZeneca aman digunakan.
0 Komentar

JAKARTA–Pemerintah menegaskan vaksin Covid-19 AstraZeneca aman digunakan. Dalam waktu dekat akan segera didistribusikan ke sejumlah daerah. Ini dilakukan untuk mengejar tenggat waktu kedaluarsa vaksin buatan Inggris tersebut.

“Vaksin AstraZeneca masih aman digunakan berdasarkan atas keputusan WHO. Berkaitan dengan expired date yang sampai ke Indonesia 31 Mei 2021, maka kita lakukan percepatan. Mulai saat ini sudah didistribusikan dan digunakan di beberapa daerah,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Senin (22/3).

Sesuai dengan rekomendasi WHO, vaksin AstraZeneca memiliki risiko lebih kecil dibandingkan manfaatnya. Meskipun ada sejumlah laporan terkait indikasi pengentalan darah setelah disuntik vaksin AstraZeneca, Dante mengatakan angka peningkatan indikasi tersebut lebih kecil daripada angka kasus infeksi Covid-19.

Baca Juga:Tak Puas Ganti Rugi Lahan, Ini yang Dilakukan Emak-Emak di KarawangMA Ahliyah Gelar UMBK Berbasis Komputer

“Di beberapa negara itu kejadian 30 dari 5.000.000 suntikan. Kemudian dilakukan sidang di WHO, di EMA (European Medicines Agency), memperlihatkan tidak ada hubungan antara peningkatan indikasi kekentalan darah dengan vaksinasi,” tukasnya.

Sebelumnya, WHO menyatakan vaksinasi Covid-19 tidak akan mengurangi penyakit atau kematian karena penyebab lain. WHO saat ini beranggapan vaksin AstraZeneca memiliki manfaat lebih besar daripada risikonya. Sehingga WHO merekomendasikan vaksinasi dengan AstraZeneca boleh dilanjutkan.

Indonesia telah menerima 1,1 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca pada awal Maret lalu. Selain itu, telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ayo kita lawan Covid-19 dengan 3M (Memakai  Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan  #cucitangan #cucitanganpakaisabun.(fin/ysp)

 

0 Komentar