Fadludin Damanhuri Kembali Pimpin Kadin Kabupaten Karawang

Kadin Kabupaten Karawang
0 Komentar

KARAWANG-Fadludin Damanhuri kembali terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang priode 2021-2026, setelah melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-VII, Rabu (24/3) di Hotel Resinda Karawang.

Usai terpilih, Fadludin sudah menyiapkan berbagai program kerja yang belum terealisasi pada masa kepengurusannya yang lalu. Hal itu juga untuk menjawab persoalan pasca pandemi covid-19 untuk dunia usaha. “Kami sudah melakukan pendataan produk apa saja yang bisa di eksport ke luar negeri, agar bisa menjaga standar kualitasnya,” ujar Ketua Kadin Karawang, Fadludin Damanhuri.

Dikatakan, guna merealisasikan peningkatan ekspor produk Karawang harus didahului dengan pelatihan khusus bagi produsen produk tersebut. “Mereka (pengusaha) harus mampu menjaga standar kualitas produk agar bisa diterima oleh negara tujuan,” katanya.

Baca Juga:Perindah Lingkungan Kantor PKK Compreng Tanam Bunga SakuraTiga ASN Bandung Barat dan Tujuh Pengusaha Diperiksa KPK

Dijelaskan, pihaknya sudah menyiapkan kerjasama dengan dunia industri untuk melatih para pengusaha lokal agar bisa bersaing di luar negeri. Oleh sebab itu, terlebih dahulu pihaknya menyiapkan prodak yang sesuai dengan yang di minta oleh pasar di luar negeri.

Sementara itu, Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara menyatakan, jika pelaku dunia usaha yang tergabung dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat dianjurkan tidak bergantung kepada proyek Pemerintah. Mereka didorong menggali potensi ekspor di daerahnya masing-masing dalam menjalankan roda usahanya.

“Di masa pandemi ini kami ingin membantu Pemerintah Daerah, terutama dalam hal pemasaran produk. Di Karawang misalnya, banyak produk unggulan yang bisa diekspor,” kata Cucu.

Dijelaskan, Karawang memiliki produk pertanian dan kelautan yang banyak diminati pasar luar negeri. Hal itu merupakan potensi yang bisa digali oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

Menurut Cucu, kegiatan ekspor barang di Jawa Barat kini semakin mudah dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati.

“Kita harus mampu memanfaatkan sarana tersebut,” katanya.

Cucu berjanji, Kadin Jawa Barat akan terus mendukung penuh kebijakan Bupati Cellica dalam meningkatkan ekspor produk Karawang. “Kami siap bersinergi dan berkolaborasi dengan beliau,” katanya.

Sementara itu, Bupati Cellica Nurrachadiana mengatakan, Karawang memiliki tempat budidaya udang vaname dan produk pertanian berkualitas. Dua produk itu tentunya bisa dikembangkan Kadin sebagai komoditas ekspor. “Kami juga siap berkolaborasi dengan Kadin untuk pengembangan dunia usaha di Karawang,” katanya. (use/ded)

0 Komentar