oleh

Ini yang Dilakukan Kodim 0619 Purwakarta untuk Asah Kemampuan Prajurit

PURWAKARTA-Guna meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit dalam menembak, personel Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) di Lapangan Tembak Yonarmed 9/Pasopati, Jln. Raya Sadang – Subang, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta, Senin (29/3).

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan melalui Koordinator Kegiatan Kapten Arm Amarudin menyebutkan, Latbakjatri TA 2021 ini diikuti seluruh anggota Kodim 0619/Purwakarta, lebih kurang berjumlah 146 orang. “Pelaksanan Latbakjatri dibagi menjadi delapan gelombang, di mana tiap-tiap gelombang terdiri dari 10 orang personel,” ujar Amarudin yang juga tercatat menjabat sebagai Danramil 1906/Sukatani saat dihubungi melalui gawainya, Senin (29/30) siang.

Dijelaskan Amarudin, teknis pelaksanaan Latbakjatri yakni dengan menggunakan senjata laras panjang jenis FNC dengan sikap tiarap jarak 100 meter. Rinciannya, tiga peluru per munisi dalam tembakan koreksi dan 10 peluru dalam pelaksanaan penilaian. Sehingga, jumlah munisi yang digunakan sebanyak 1.924 butir. “Kegiatan Latbakjatri ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Senin hingga Selasa (30/3). Selama proses Latbakjatri ini faktor keamanan harus diutamakan dan diperhatikan mengingat pelaksanaannya menggunakan munisi tajam,” katanya.

Apabila melakukan kesalahan sedikitpun akan berakibat fatal, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. “Menembak merupakan suatu bentuk kemampuan dasar yang harus dan mutlak dimiliki seorang prajurit TNI AD, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan,” ucapnya.(add/sep)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *