Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit’s tentang Awal Bulan Ramadhan

Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
0 Komentar

Ramadhan Berapa Hari Lagi?

Dengan beragam ringkasan perbedaan pendapat seperti yang telah disebutkan di atas, dalam menentukan Hilal terutama Hilal Puasa 2021, tentunya kita tidak boleh saling menyalahkan, sebab semua sudah berdasar pada hadit’s, riwayat dan dalil yang sudah jelas adanya, tinggal kita saja yang memilih dan meyakini.

Sepakat ambil, tidak sepakat tinggalkan, hindari berdebat perihal Agama.

Berpedoman pada Rukyat

Ketika melakukan penentuan awal bulan Ramadhan dan menentukan bulan Syawal untuk memulai dan mengakhiri bulan puasa, hingga sekarang ini Jumhur Ulama (Mayoritas Ulama) tetap menjadikan metode rukyat sebagai pedoman.

Berpedoman pada Rukyat, artinya Jumhur Ulama melihat bulan baru (Hilal) dengan mata kepala langsung, bukan dengan perhitungan atau melihat secara ilmiah yang menggunakan perhitungan Hisab.

Baca Juga:Viral Link Video Becak Bergoyang, Ada Pria dan Wanita Sedang Begituan di Pinggir JalanSubang Jawara E-Sport Tournament Segera Digelar, Berikut Jadwalnya

Hilal hanya sekedar alat bantu untuk melihat hilal, bukan sebagai penentu.

Apabila jumhur ulama sudah melakukan penglihatan Hilal secara riil dengan mata kepala, tetapi tidak/belum terjadi misalnya disebabkan dengan adanya awan yang menghalangi, maka bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30hari, baru setelah itu masuk bulan puasa ramadhan, dan juga melihat hilal bulan syawal seperti itu, maka digenapkan bulan ramadhan menjadi 30 hari. (Wallahua’lam)

Dari berbagai sumber, Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan pada hari Selasa, 13 April 2021

Pihak BMKG perihal Hilal Puasa Ramadhan 2021

BMKG akan menginformasikan perihal Hilal ketika terbenamnya Matahari, yaitu hari Senin, tanggal 12 April 2021,  sebagai pedoman untuk menentukan masuknya awal bulan Ramadan 2021 – 1442 H.

Berita yang akan disampaikan mencakup:

  1. Waktu Konjungsi (Ijtima’) dan Waktu Terbenam Matahari
  2. Peta Ketinggian Hilal
  3. Peta Elongasi
  4. Peta Umur Bulan
  5. Peta Lag
  6. Peta Fraksi Illuminasi Bulan
  7. Objek Astronomis Lainnya yang Berpotensi Mengacaukan Rukyat Hilal
  8. Data Hilal saat Matahari Terbenam untuk Kota-kota di Indonesia.

Kementrian Agama perihal Penentuan Kapan Mulai Puasa Ramadhan Tahun 2021

Bahwa dari berbagai sumber menyebutkan, sidang isbat awal Ramadhan 2021 In Sha Allah digelar pada hari Senin, 12 April 2021 secara daring dan luring, dimulai pukul 16.45 Wib sore hari. (Re/Juni)

0 Komentar