Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit’s tentang Awal Bulan Ramadhan

Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
0 Komentar

Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit’s tentang Awal Bulan Ramadhan

Hilal puasa 2021 merupakan salah satu hal yang menentukan kapan puasa ramadhan 2021 dimulai. Ada dua metode yang biasa dilakukan untuk mengetahui hilai puasa 2021.

Hilal puasa 2021 dilakukan dengan beberapa metode, seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu penjelasan tentang Hilal, Rukyat dan Hisab, agar kita mengerti dan tidak salah memahami ketika nanti dilaksanakan Hilal puasa 2021

Hilal Penentuan Awal Puasa

Hilal merupakan perhitungan secara atronomi dan matematis untuk menentukan posisi awal bulan dalam kalener hijriyah.

Baca Juga:Viral Link Video Becak Bergoyang, Ada Pria dan Wanita Sedang Begituan di Pinggir JalanSubang Jawara E-Sport Tournament Segera Digelar, Berikut Jadwalnya

Rukyat

Sedangkan Rukyat merupakan kegiatan yang dilakukan dalam mengamati visibiltias hilal, yaitu adanya penampakan bulan sabit yang pertama kalinya setelah terjadi konjungsi (Ijtimak). Melakukan rukyat dapat dibantu dengan alat teleskop atau juga langsung dengan mata kita tanpa bantuan alat buatan manusia.

Kalender Hijriyah dalam Islam adalah diawali pada saat matahari terbenam dan memasuki malam (Ketika Maghrib), artinya pergantian hari adalah ketika Maghrib tiba, bukan seperti kalender duniawi yang mengawali pergantian hari pada jam 12 malam.

Hisab

Hisab ialah perhitungan (secara harfiah). Penggunaan istilah Hisal dalam Agama Islam berkaitan dengan ilmu astronomi yang mana dilakukan untuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi yang kita pijak.

Hadit’s tentang Hilal Bulan Puasa dan Dalil Puasa Melihat Hilal

Hal tersebut sesuai Firman Allah di dalam Al-Qur’an

ہُوَ الَّذِیۡ جَعَلَ الشَّمۡسَ ضِیَآءً وَّ الۡقَمَرَ نُوۡرًا وَّ قَدَّرَہٗ مَنَازِلَ لِتَعۡلَمُوۡا عَدَدَ السِّنِیۡنَ وَ الۡحِسَابَ ؕ مَا خَلَقَ اللّٰہُ ذٰلِکَ اِلَّا بِالۡحَقِّ ۚ یُفَصِّلُ الۡاٰیٰتِ لِقَوۡمٍ یَّعۡلَمُوۡنَ

Artinya: “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu).
Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar.
Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui”. (Q.S. Yunus (10):5)

اَلشَّمۡسُ وَ الۡقَمَرُ بِحُسۡبَانٍ

Artinya: “Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan, “ (Q.S. Ar-Rahman (55):5)

Penentuan Hilal Ramadhan 2021

A. Rukyatul Hilal

Rukyatul Hilal di Indonesia

Nahdatul Ulama (NU) menggunakan Rukyatul Hilal ini untuk mencontoh sunnah Rasulullah S.A.W dan para sahabatnya, serta mengikuti ijtihad para ulama 4 (empat) Mazhab.

0 Komentar