Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit’s tentang Awal Bulan Ramadhan

Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
Hilal Puasa 2021 Lengkap dengan Hadit's tentang Awal Bulan Ramadhan
0 Komentar

Metode Hisab tetap diterapkan, yang berfungsi hanya untuk alat bantu melihat bulan hijriyah, tetapi bukan untuk menentukan masuknya awal bulan Hijriyah tersebut.

Rukyatul Hilal merupakan sebuah kriteria untuk menentukan awal bulan Hijriyah (kalender Hijriyah) dengan cara melakukan rukyat (melakukan pengamatan) hilal secara langsung.

Jika bulan sabit (Hilal) tidak juga terlihat bahkan gagal terlihat, ditetapkan untuk bulan berjalan akan digenapkan menjadi 30 hari (Istikmal).

Baca Juga:Viral Link Video Becak Bergoyang, Ada Pria dan Wanita Sedang Begituan di Pinggir JalanSubang Jawara E-Sport Tournament Segera Digelar, Berikut Jadwalnya

Hadit’s tentang Hilal Bulan Puasa

Hadit’s Nabi Muhammad S.A.W yang artinya:

“Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Jika terhalang maka genapkanlah (istikmal) menjadi 30 hari”.

B. Wujudal Hilal

Muhammadiyah dan Persis menggunakan metode ini dalam  menentukan awal bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. (Sejak tahun 2000, sudah menggunakan metode Imkanur-rukyat, dan tidak lagi menggunakan wujudal hilal).

Metode Wujudul Hilal merupakan penentuan awal bulan pada kalender Hijriyah, yaitu dengan menggunakan 2 prinsip:

1). Ijtimak (konjungsi) telah terjadi sebelum Matahari terbenam (ijtima’ qablal ghurub),

2). Bulan terbenam setelah Matahari terbenam (moonset after sunset);

Jadi, pada sore hari itu dinyatakan sebagai awal bulan pada kalender Hijriyah, tanpa harus melihat sudut ketinggian (altitude) Bulan ketika Matahari terbenam pada hari itu.

C. Imkanur Rukyat MABIMS

Imkanur Rukyat merupakan tolak ukur dalam penentuan awal bulan pada kalender Hijriyah yang telah ditetapkan dari hasil Musyawarah para Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS),

Untuk kemudian digunakan dengan resmi guna menetukan awal bulan Hijriyah pada Kalender Resmi Pemerintah terkait, dengan menerapkan prinsip:

Awal bulan pada kalender Hijriyah terjadi apabila:

Baca Juga:Abah Sarwan 30 Tahun Kumpulkan Sampah Plastik tiap Hari, Akhirnya Dapat Bantuan dari Le MineraleSumringah, Icem Bawa Pulang Satu Unit Mobil Ertiga Sebagai Grand Prize Panen Hadiah Simpedes

  • Ketika Matahari terbenam, ketinggian (altitude) Bulan berada di atas cakrawala dengan minimum 2°, dan sudut elongasi (jarak lengkung) Bulan-Matahari berada pada minimum 3°, atau:
  • Pada waktu bulan terbenam, usia Bulan minimum adalah 8 jam yang dihitung dari mulai ijtimak.

C. Rukyat Global

Rukyat Global ialah patokan untuk menentukan masuknya awal bulan dalam kalender Hijriyah.

Dengan menganut prinsip: Apabila satu penduduk di sebuah negeri sudah menyatakan melihat hilal, maka semua penduduk di seluruh negeri akan berpuasa. (Prinsip ini digunakan oleh HTI-Hizbut Tahrir Indonesia).

0 Komentar