Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia Alami Tanpa Obat

Cara Mengatasi Insomnia Alami Tanpa Obat
0 Komentar

Insomnia adalah gangguan yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur. Kondisi ini mesti segera diatasi, karena dapat menurunkan kualitas hidup bahkan mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Bagaimana cara mengatasi insomnia; apakah harus dengan konsumsi obat? Tidak juga. Konsumsi obat tidur secara sembarangan malah bisa menimbulkan efek samping yang merugikan. Daripada mengandalkan obat, lebih baik lakukan Cara Mengatasi Insomnia Alami Tanpa Obat berikut ini:

Hirup Wewangian Lavender

Minyak Esensial LavenderMenjelang waktu tidur, pasang minyak esensial lavender sebagai aromaterapi di kamar. Berdasarkan studi tahun 2015, 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur. Para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 centimeter) dan kemudian minyak tersebut diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak. Studi lain tahun 2017 menyebut, 60 orang dengan penyakit­ jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender, 2 persennya melaporkan kualitas tidur yang meningkat dan rasa cemas berkurang.

Minum Teh Kamomil

Konsumsi teh kamomil dapat memberikan efek mengantuk layaknya obat golongan benzodiazepin. Teh jenis ini dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur lebih lelap di malam hari. Efek tersebut disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin di otak. Selain dalam bentuk teh, kamomil juga tersedia dalam bentuk aromaterapi untuk membuat suasana lebih santai.

Mencukupi Asupan Magnesium

Baca Juga:Remake The Last of Us (TLOU) untuk PlayStation 5 Segera Rilis?Daftar Cemilan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Aneka Makanan yang Mengandung Magnesium Kadar magnesium yang rendah dapat membuat Anda lebih sulit tertidur. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan magnesium Anda dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau. Wanita butuh 310 hingga 320 milligram magnesium per hari, sedangkan pria butuh 400 hingga 420 miligram magnesium per hari. Bila ingin konsumsi suplemen magnesium, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, terlalu banyak magnesium bisa menyebabkan kram dan mual.

Olahraga Menjelang Tidur

Salah satu hal yang disarankan untuk mengatasi insomnia adalah berolahraga menjelang waktu tidur. Anda dapat mencoba berolahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur malam.

0 Komentar