Pemdes Margahayu Latih Pendata SDGs

Pemdes Margahayu Latih Pendata SDGs
0 Komentar

PAGADEN BARAT– Puluhan kader Posyandu Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat mengikuti pelatihan SDGs, yang dipandu oleh pendamping desa dan perangkat desa. Pelatihan petugas pendata SDGs (Sustainable Development Goals) itu berlangsung di Aula Desa Margahayu, Senin (12/4).

Dalam kesempatan itu, Pendamping Desa Kecamatan Pagaden Barat Ronald menyampaikan bahwa
SDGs adalah salahsatu program PBB yang diadopsi oleh Indonesia untuk program pembangunan yang berkelanjutan.

Salahsatunya programnya yaitu meningkatkan pembangunan desa dan pemutakhiran data berbasis SDGs. Dimana dari data itu akan menghasilkan 18 point diantaranya desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, sehat dan sejahtera, desa layak air bersih dan sanitasi, infrastruktur desa dan inovasi desa sesuai kebutuhan.dan desa dinamis dan budaya desa adaftif.

Baca Juga:Puasa Ramadhan Ibadah yang IstimewaDalli Kusnadi: Perubahan RTRW Kewenangan PUPR 

“Hasil pemutakhiran data SDGs ini akan terangkum dalam sistem informasi desa (SID),” kata Ronald.

SDGs ini diadopsi karena indonesia masih masih masuk pada posisi negara berkembang dalam keanggotaan PBB. Dengan itu, sebagai negara berkembang tentu harus terus berupaya untuk lebih maju, salahsatunya lewat SDGs ini.

Kepala Desa Margahayu H. Main Permana, mengatakan, pihaknya sengaja melatih para kader desa untuk menjadi petugas pendata dan mendata kondisi warga desa, yang form nya sudah disediakan. Data tersebut nantinya akan menjadi data desa dalam bentuk SID. SID inilah yang akan menjadi acuan dan program pembangunan desa yang berkelanjutan.

“SiD ini akan jadi data dasar desa, program apapun acuan dan indikatornya melihat data dalam SID,” tukasnya.(dan/ded)

0 Komentar