Do’a Qunut Witir 15 Ramadhan, Ada Apa Dibalik Hari 15 Bulan Puasa?

Do'a Qunut Witir 15 Ramadhan, Ada Apa Dibalik Hari 15 Bulan Puasa?
Do'a Qunut Witir 15 Ramadhan, Ada Apa Dibalik Hari 15 Bulan Puasa?
0 Komentar

Do’a qunut witir 15 ramadhan tersebut di atas untuk di baca sendiri, Jika berjamaah, imam sangat dianjurkan merubah lafadz “Ihdini” (berilah aku petunjuk) dirubah menjadi “Ihdina” (Berilah kami petunjuk)” dan lafal ‘i’ dirubah jadi ‘a’ seperti yang sudah diperjelas pada bacaan lathin di atas.

Sebab, dalam pandangan Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in, dimakruhkan berdo’a untuk diri sendiri pada saat do’a bersama. Beliau menegaskan:

وكره لإمام تخصيص نفسه بدعاء أي بدعاء القنوت للنهي عن تخصيص نفسه بدعاء، فيقول الإمام: اهدنا

Artinya, “Dimakruhkan bagi imam berdoa khusus untuk dirinya sendiri pada saat doa qunut karena ada larangan tentang hal itu. Karenanya, hendaklah imam membaca ‘ihdina,’” (Lihat Zainuddin Al-Malibari, Fathul Muin, Jakarta, Darul Kutub Al-Islamiyyah, 2009 M, halaman 44).

Baca Juga:Menjelang RUPS, Direksi Panik dan Karyawan BUMD PT SS ‘Dirumahkan’PLN Subang Siagakan Personel Selama Bulan Ramdahan, PLN Mobile Lebih Efesien

Jika berjamaah, imam dianjurkan juga untuk mengeraskan suara serta mengangkat kedua tangan seperti berdo’a pada biasanya, dengan permintaan dan penuh harap, jika ada do’a yang memiliki ‘tolak bala’ sebaiknya tangan dibalik/punggung telapak tangan menghadap ke atas.

Hukum Qunut Saat Witir 15 Ramadhan:

Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan:
ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.”

Imam al-Nawawi mempunyai pandangan bahwa: disunnahkan qunut di akhir shalat witir pada separuh akhir Ramadhan (15 ramadhan ke atas). Meskipun menurut sebagian pendapat ada yang membolehkan qunut sepanjang Ramadhan, namun pendapat yang paling kuat dalam madzhab Syafi’i adalah qunut dikhususkan pada separuh akhir Ramadhan. Wallahu a’lam.

Penjelasan Tambahan Tentang Do’a Qunut Witir 15 Ramadhan 2021

Penjelasan Ahli hadis Al-Hafidz Al-Baihaqi memberi penjelasan, riwayat qunut dalam salat Witir setelah separuh kedua bulan Ramadlan (15 ramadhan malam ke 16 ramadhan) dalam kitabnya As-Sunan al-Kubra 2/498, baik yang diriwayatkan dari Sahabat maupun Tabi’in:

Ubay bin Ka’b (Sahabat)

0 Komentar