oleh

Antisipas Sunmori dan Balap Liar

SUBANG-Satuan Lalu Lintas Polres Subang melakukan patroli antisipasi aksi sunmori dan balap liar di kawasan Ciater, Minggu pagi (18/4). Patroli ini dalam rangka Harkamtibmas dan Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto SH melalui Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Subang Iptu Enggar Jati STrk SIK menyebut, kegiatan kepolisian yang sudah dilaksanakan yakni berupa patroli pantauan arus lalu lintas di jalur selatan atau wisata. Termasuk patroli Unit Laka di jalur Selatan daerah rawan laka lantas.

Kanit Turjawali menjelaskan, patroli bersama personel Sat Lantas Polres Subang supaya tidak terjadi aksi Sunmori dan balap liar yang membahayakan pengemudi lainya.

“Personel Sat Lantas Polres Subang memberikan himbauan berkendara dengan aman dan Sosialisasi Prokes Covid-19. Ini dalam rangka PPKM Berskala Mikro kepada warga masyarakat pengguna jalan yang melintas di Jalur Selatan,” ujar Kanit Turjawali.

“Kami juga menghimbau kepada pengemudi agar tetap mematuhi Peraturan Lalu Lintas dan tetap memakai peralatan Safety Riding seperti helm, jaket, sarung tangan (Safety Keep Riding),” kata Iptu Enggar Jati.

Berdasarkan hasil patroli, tidak ada kerumunan masa yang akan melakukan kegiatan Sunmori dan balapan liar di Wilayah Kabupaten Subang. “Lalu lintas pun berjalan dengan aman dan Kondusif,” tambahnya.

Pada kesempatan lain, Kasat Lantas Polres Suabng AKP Endang Sujana mengungkapkan satuan lalu lintas juga terus berupaya melakukan sosialisasi Larangan Mudik Lebaran 1442 Hijriyah melalui Operasi Keselamatan Lodaya 2021.

Menurutnya sosialisasi tersebut agar masyarakat paham betapa pentingnya menjaga keselamatan diri dari resiko tertular Covid-19, dengam tidak melakukan mudik.

“Larang tidak mudik Lebaran ini sebagai wujud sayangnya pemerintah terhadap masyarakat, sekaligus sebagai bentuk perlindungan dan ikhtiar kita semua dalam memutus mata rantai penularan pandemi Covid-19,” Paparnya.

Sosialisasi tersebut kata AKP Endang, akan terus dilakukan hingga berakhirnya Operasi Keselamatan Lodaya 2021 yang dilaksanakan Jajaran Polres Subang sejak 12- 25 April 2021 mendatang.

“Hampir selama dua pekan itu kami tak kan henti-hentinya melakukan sosialisasi Larangan Mudik Lebaran 2021, yang diharapkan masyarakat mematuhinya atas himbauan yang dilakukan pemerintah dan kepolisian,” imbuhnya.

Dia mengatakan, selama Operasi Keselamatan Lodaya 2021 Polres Subang juga melakukan sosialisasi penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan Covid-19. Sosialisasi dilakukan terhadap para pengguna jalan serta membagi hingga 20 ribu masker.

“Juga melakukan penegakan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalulintas (Kamseltibcarlantas) di beberapa titik ruas jalan protokol di wilayah Kabupaten Subang,” jelasnya.

“Dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2021 ini yang kami titik beratkan selain kamseltibcarlantas dengan menindak para pelanggar lalulintas berupa penilangan, juga mencegah agar masyarakat tidak mudik dan memutus mata rantai pandemi covid-19,” tandas Kasat Lantas.(idr/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.