oleh

Kartu Kusuka Mudahkan Nelayan Dapat Bantuan Pemerintah

SUBANG-Tunjang profesi di bidang kelautan dan perikanan, Penyuluh Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan aktif melakukan sosialisasi Kartu Usaha Perikanan (Kusuka). Hal itu sesuai dengan adanya Kusuka yang diberikan dengan berbagai manfaat.

Penyuluh yang bertugas di Subang, Gilang Indra menyebut Kartu Kusuka adalah salah satu kartu bentuk pelayanan yang disiapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada para pelaku usaha perikanan.

“Kami sebenarnya adalah perpanjangan tangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyukseskan penyaluran kartu Kusuka,” ungkapnya di Desa Legonwetan belum lama ini (22/4).

Salah satu mekanisme yang dibangun adalah petugas dari Dinas Kelautan dan Perikanan turun kelapangan untuk mencoba mengambil data atau mengumpulkan informasi tentang pelaku usaha perikanan ataupun para pelaku usaha perikanan yang ada di Subang termasuk melalui edukasi yang tengah dilakukannya.

“Setelah informasi itu terkumpul kemudian dimasukkan ke server Kementerian Kelautan dan Perikanan di One data, lalu setelah terverifikasi oleh Kementerian Keluatan dan Perikanan itu kemudian diserahkan kepada pihak perbankan,” jelasnya.

Saat ini Kemeneterian Kelautan dan Perikanan sudah bekerjasama dengan 2 Bank sebagai penunjang dalam program Kartu Kusuka ini.

”Jadi ada Bank BNI ataupun Bank BRI,” terangnya.

Dua Bank yang menjadi mitra kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan nantinya akan menerbitkan Kartu Kusuka untuk masing-masing pelaku usaha perikanan setelah terverifikasi sebelumnya.

“Jadi ada 5 jenis usaha perikanan yang tercover dalam Kartu Kusuka ini. Yang pertama adalah nelayan yang bergerak di perikanan tangkap kemudian pembudidaya ikan, masyarakat pengolah hasil perikanan, pemasar hasil perikanan dan yang terakhir adalah petambak garam,” tuturnya.

Kelima jenis usaha perikanan ini adalah yang nantinya di akomodir untuk mendapatkan Kartu Kusuka.

Gilang memaparkan, para pelaku usaha perikanan mempunyai tiga keuntungan dengan memegang Kartu Kusuka ini. Berfungsi sebagai ATM yang ketika digunakan oleh pelaku usaha itu tidak dikenakan biaya administrasi dari pihak bank.

“Kartu Kusuka ini adalah indentitas bahwa mereka adalah para pelaku usaha perikanan yang ada di Kabupaten Subang yang sudah terdaftar di pemerintah (legal) dan keuntungan paling banyak manfaatnya menurut saya yang terakhir adalah pemegang Kartu Kusuka ini, mereka sudah punya akses untuk mendapatkan bantuan baik dari pemerintah daerah, provinsi ataupun batuan dari pemerintah pusat,” tukasnya.(ygi/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *