oleh

Jelang Idul Fitri, ada 18 TKI Asal Subang yang Sudah Mudik

SUBANG-Sebanyak 18 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Subang kembali ke tanah air. Data tersebut tercatat di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar negeri (Siskotkln) dari tanggal 1 April hingga saat ini.

Sebanyak 18 orang tersebut terdiri dari negara Taiwan 9 orang, Malaysia 2 orang, Hongkong 4 orang, Singapura 2 orang dan Korea Selatan 1 orang.

Kepala Bidang Bina Penta melalui Kepala seksi Perluasan dan Penempatan Disnakertrans Subang Ivan Rahmat Maulana mengatakan, bisa saja jumlah TKI yang ke tanah air menjelang lebaran ini bertambah.

Ivan menyebutkan, TKI dari Subang cukup banyak. Namun yang kembali ke tanah air menjelang lebaran ini hanya 15-20 orang saja.

“Sepertinya TKI yang mudik tidak akan banyak, hanya belasan dan puluhan saja,” katanya.

Ivan menjelaskan, TKI yang kembali ke tanah air dikarenakan berbagai alasan. Mereka ada yang diberikan cuti oleh majikannya dan ada juga yang habis kontrak.

Mengingat situasi masih pandemi, Ivan menghimbau kepada TKI yang kembali ke kampung halaman agar menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap terapkan protokol kesehatan, jangan sampai pulang malah bawa virus,” katanya.

Ivan menyebut, seharusnya TKI yang pulang ke kampung halamannya melapor ke Disnakertrans Subang. Namun faktanya, TKI tidak memberikan laporan kepulangannya. Kondisi tersebut mempersulit pendataan mengenai TKI.

“Mereka kebanyakan hanya pada saat mau berangkat jadi TKI saja ke sini, kalau pulang kampung ngga pernah mampir ke sini,” ujarnya.(ygo/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.